5 hal penting yang harus rutin di ingat

5 hal penting yang harus rutin di ingat

Kesibukan belajar atau mencari nafkah terkadang membuat kita lupa dengan hal-hal yang di anggap sepele, padahal jika dilakukan akan berdampak positif terhadap diri sendiri dan orang sekitar.

Hal -hal seperti apa sih? Berikut 5 hal penting yang kamu harus ingat menurut Tim Fivebalance.

  1. Ulang tahun umur

Semua orang pasti senang kalo di ucapin selamat ulang tahun, karena tanggal tersebut momentum bagi seseorang untuk review hidupnya. Kamu bisa mulai dari orang yang paling terdekat loh! Dari istri/suami, anak, orang tua, mertua, saudara, sahabat dan rekan kerja.

Contoh :

Indikator         : mengucapkan selamat ulang tahun umur

Target              : Target 1 kali per bulan ( setiap bulan input 1 kali walaupun ada 2 ucapan)

Note : Pengukuran ini pada konsisten dalam mengucapkan yaa, jika di dalam list ulang tahun ada bulan yang kosong, kamu bisa tetap isi achieve jika di bulan lain ada yang double.

  1. Ulang tahun pernikahan

Khusus bagi yang udah menikah nih! Di jamin pasangannya akan semakin cinta dan terharu. Bagaimana kalo yang masih jomblo? Nah kamu bisa mengucapkan ulang tahun pernikahan orang tua atau orang tua gebetan kamu 😀 . Ucapan ulang tahun pernikahan sebaiknya berisi kata-kata Doa biar tambah maknyus bagi orang yang di tuju yaa.

Contoh :

Indikator         : mengucapkan selamat ulang tahun pernikahan

Target              : Target 1 kali per bulan ( setiap bulan input 1 kali walaupun ada 2 ucapan)

Note : Pengukuran ini pada konsisten dalam mengucapkan yaa, kamu bisa gabungkan dengan ucapan ulang tahun umur.

  1. Perpanjangan dokumen

Yes ! ini hal penting yang kamu harus benar-benar perhatikan, karena dampaknya bisa mengganggu aktivitas kamu. Pastikan di urus sebelum tanggal jatuh tempo, karena ada yang punya dampak sangat besar loh? Misal kamu dapat jalan-jalan gratis ke luar negeri dari kantor, eh batal deh! karena passport gak sempat di perpanjang.

Contoh dokumen-dokumen penting : kartu keluarga, KTP, SIM, passport, STNK kendaraan, atau dokumen SIUP/TDP bagi yang punya perusahaan sendiri.

Contoh :

Indikator         : Melakukan perpanjangan dokumen

Target              : Target 1 kali per bulan ( jika dalam 1 bulan 31 hari, ada hari yg di input 2)

Note : Pengukuran ini butuh kamu list dalam setahun apa aja yang butuh di perpanjang setiap bulan, input di google calender sebagai pengingat. Bisa ditambahkan untuk pengurusan dokumen baru seperti akta kelahiran anak, surat pindah dan lain-lain.

4. Peristiwa yang merubah hidup

Sebagian orang lebih suka mengingat peristiwa yang memberikan dampak besar terhadap kehidupannya, alasannya pasti sebagai pengingat agar dirinya lebih baik. Setiap orang memiliki perjalanan hidup yang berbeda-beda dan persepsi penilaian yang unik sendiri. Silahkan kamu pilih sendiri yaaa? Jangan berdasarkan kata orang lain.

Berikut contoh peristiwa penting dalam hidup; kelahiran anak, kenaikan jabatan, mendapatkan hidayah, mengalami musibah, memulai usaha, rumah baru dan lain-lain.

Contoh :

Indikator         : Memperingati peristiwa penting dalam hidup

Target              : Target 1 kali per bulan ( setiap bulan input 1 kali walaupun ada 2 peringatan)

Note : Pengukuran ini bisa di gabung dengan ulang tahun umur atau ulang tahun pernikahan, biar setiap bulan ada pencapaian.

  1. Peringatan hari besar keagamaan

Hal ini penting juga loh! Selain meningkatkan keimanan, kamu juga bisa menyiapkan biaya, waktu atau konsumsi. Contohnya :Di saat lebaran kamu harus beli tiket mudik, masak di rumah, silaturahmi ke rumah keluarga dan teman.

Untuk pengukuran KPI tidak mesti di hari peringatan saja, bisa juga di proses yang mendukung peringatan hari tersebut. Misal : misal lebaran bulan juni, kamu bisa input bulan mei achieve karena puasa, bulan April beli tiket.

Rata – rata setiap agama punya sampai 3 hari peringatan per tahun, kamu bisa kombinasi dengan ikut silaturahmi atau mengucapkan perayaan yang berbeda agama ( jika dalam agamanya di perbolehkan)

Contoh :

Indikator         : Melakukan kegiatan & mengucapkan peringatan hari besar keagamaan

Target              : Target 1 kali per bulan ( setiap bulan input 1 kali walaupun ada 2 ucapan)

Note : Pengukuran ini pada konsisten dalam mengucapkan dan semua kegiatan yang mendukung perayaan tersebut.

Selamat Mencoba !!

WRITE A COMMENT