Apakah Penting Memiliiki Jasa Konsultan Keuangan

Apakah Penting Memiliiki Jasa Konsultan Keuangan
banner 120x600

Dengan semakin meningkatnya kebutuhan manusia, maka peran uang dalam kehidupan juga semakin bertambah. Dengan adanya hal tersebut, penggunaan ilmu keuangan dalam membantu perencanaan hidup juga semakin membesar. Sebelum kita mengetahui Pentingnya jasa konsultan keuangan tidak ada salahnya kita tahu apa pengertian jasa konsultan keuangan itu sendiri dan apa saja yang mereka kerjakan.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, konsultan didefinisikan sebagai orang ahli yang tugasnya memberi petunjuk, pertimbangan, atau nasihat untuk suatu kegiatan (penelitian, dagang, dsb); penasihat. Jadi jasa konsultan keuanagan merupakan orang bukan perusahaan. Konsultan adalah seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa sebagai penasihat ahli sesuai bidang keahliannya, misalnya akuntansi, lingkungan, biologi, hukum, dan lain-lain.

Kapan Harus Menyewa Jasa Konsultan Keuangan

Satu dari tiga orang dewasa yang bekerja dan pensiunan saat ini berkonsultasi dengan penasihat keuangan profesional, menurut survei pensiun tahun 2022 dari Employee Benefit Research Institute. Dari mereka yang tidak memiliki penasihat saat ini, hampir setengahnya mengatakan bahwa mereka berniat untuk bekerja dengannya di masa depan.

Jika ingin menambah profit keuangan harian anda, ,gunakan aplikasi Pintu aplikasi jual beli crypto terpercaya di indonesia

Peristiwa Kehidupan yang Signifikan

Peristiwa hidup yang mengubah gambaran atau pandangan keuangan Anda meliputi:

  1. Pernikahan: Menggabungkan dua set keuangan bisa menjadi rumit. Messier masih bisa menjadi proses penetapan tujuan keuangan bersama.
  2. Perceraian: Anda mungkin memerlukan bantuan untuk menyusun kembali pandangan Anda dengan satu pendapatan, bukan dua.
  3. Menjadi orang tua: Anak-anak mengubah struktur pengeluaran rumah tangga Anda dan menambahkan tujuan keuangan baru, seperti membayar biaya kuliah.
  4. Mewarisi uang : Anda telah kehilangan orang yang dicintai dan mendapatkan rejeki nomplok. Anda mungkin menerima bimbingan dari luar tentang menginvestasikan rejeki nomplok itu di masa yang penuh tekanan ini.
  5. Dengan asumsi tanggung jawab pengasuh untuk orang tua lanjut usia: Pendapatan atau pengeluaran Anda mungkin berubah. Anda mungkin perlu mengevaluasi kembali rencana pensiun Anda.
  6. Memulai bisnis: Memulai bisnis memiliki risiko. Anda mungkin perlu menyeimbangkan risiko itu dengan menjadi lebih konservatif di bidang keuangan Anda yang lain.
  7. Menjual bisnis: Menjual bisnis mengubah aset Anda dan mungkin mengubah pendapatan Anda. Kedua hasil mempengaruhi bagaimana Anda harus mengelola uang dan investasi ke depan.
  8. Memulai pekerjaan baru atau mendapatkan promosi: Peningkatan pendapatan membuka lebih banyak uang untuk mengejar tujuan keuangan Anda. Anda mungkin memerlukan panduan tentang cara menginvestasikan penghasilan tambahan itu secara efisien.

Kelebihan dan Kekurangan Bekerja dengan Perencana Keuangan

Ada keuntungan yang jelas untuk bekerja dengan profesional keuangan:

 

  1. Penasihat Anda menghemat waktu Anda. Mereka dapat meneliti opsi investasi dan memantau kinerja investasi Anda sehingga Anda tidak perlu melakukannya.
  2. Penasihat Anda adalah seorang ahli. Tergantung pada keahlian investasi Anda, Anda mungkin melihat hasil investasi yang lebih baik bekerja dengan penasihat daripada dengan mengelola uang sendiri.
  3. Penasihat Anda dapat mencegah Anda membuat keputusan yang mahal dan emosional. Emosi bisa menjadi musuh terburuk investor. Menempatkan penasihat antara Anda dan uang Anda dapat menciptakan ruang yang Anda butuhkan untuk tetap sabar ketika pasar menjadi tidak stabil.

Ada juga Jasa Konsultan Keuangan kekurangannya, antara lain:

  • Penasehat mengenakan biaya untuk layanan mereka. Beberapa penasihat membebankan komisi saat Anda membeli investasi dan yang lain membebankan biaya tahunan. Either way, biaya penasihat mengurangi pengembalian investasi bersih Anda.
  • Tidak semua penasihat adalah penasihat yang baik. Memilih penasihat keuangan yang tepat bisa menjadi sebuah proses. Coba mulai dengan direktori penasihat kekayaan kami untuk menemukan penasihat keuangan di wilayah Anda. Wawancarai beberapa kandidat dan periksa referensi mereka. Kandidat terbaik adalah yang cerdas secara finansial, tentu saja, tetapi juga berkepribadian dan dapat dipercaya.

Baca Juga : 4 Peristiwa Besar Krisis Keuangan di dunia

4 Peristiwa Besar Krisis Keuangan di dunia

Penulis: Luthfi Triady

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.