Ganti Ban di Bengkel Ban Mobil, Jika Ban Mobil Anda Mengalami Hal ini!

banner 120x600

Jika ban mobil mengalami suatu kerusakan atau perlu diganti maka Anda dapat memanfaatkan bengkel ban mobil. Dengan menggunakan bengkel maka urusan mobil seperti mengganti ban dapat dilakukan dengan benar dan cara yang tepat.

Sehingga risiko kerusakan atau salah pemasangan ban menjadi lebih kecil dari pada melakukan penggantian ban sendiri. Ban merupakan komponen mobil yang penting karena merupakan penggerak mobil.

Penyebab Ban Harus Diganti Melalui Bengkel Ban Mobil

Ban mobil yang mengalami masalah seperti bocor, maka ban harus segera ditambal agar tetap dapat digunakan. Akan tetapi jika kondisi ban sudah parah atau sudah terlalu lama maka harus segera diganti dengan ban yang baru.

Hal ini untuk menjaga keselamatan pengendara, kenyamanan, menjaga ketahanan komponen kaki-kaki mobil dan lain sebagainya. Ada beberapa penyebab ban mobil harus segera diganti dengan yang baru. Berikut ini adalah diantaranya:

1. Ketebalan Ban Telah Mencapai Batas TWI

Setiap Ban mobil selalu diberi indikasi TWI atau Tread Wear Indicator. TWI merupakan tanda batas keausan ban yang diizinkan untuk tetap dapat dipakai. Terdapat dua posisi tanda TWI pada ban yaitu pada bagian tepi dan di tengah telapak ban.

Pada bagian tepi akan terlihat segitiga kecil di area bawah kembang ban, sedangkan pada bagian tengah ban berupa tonjolan yang tidak sampai setinggi kembang ban. Jika kembang ban sudah menyentuh tanda TWI, maka mobil harus dibawa ke bengkel ban mobil untuk diganti ban.

2. Jarak Tempuh Sudah Sejauh 40.000 KM

Jika jarak tempuh pemakaian ban sudah mencapai 40 ribu km meskipun belum dipakai selama 3 tahun, sebaiknya ban tetap diganti. Meskipun kondisi kelenturan ban masih bagus namun ban yang telah menempuh jarak yang jauh akan mengalami keausan.

3. Umur Ban Mobil Sudah 3 Tahun

Umur ban mobil yang ideal adalah 3 tahun, jadi Anda harus mengganti ban mobil jika telah digunakan selama 3 tahun meskipun kembangnya masih tebal karena jarang digunakan. Jika ban masih digunakan hingga lebih dari 3 tahun, pastinya akan memberikan rasa tidak nyaman karena ban sudah mengeras dan tidak lentur lagi.

Perlu diketahui juga bahwa kelenturan ban mobil yang terbuat dari bahan karet yang elastis akan terus berubah seiring waktu. Semakin lama ban akan berkurang elastisitasnya hingga menjadi getas karena kehilangan kelenturan. Karena banyaknya aktivitas kendaraan juga dapat menyebabkan usia ban menjadi lebih singkat, karena itu segera ganti ban di bengkel ban mobil.

4. Ban Memiliki Benjolan

Terkadang ban sering muncul sebuah benjolan. Benjolan tersebut muncul karena adanya anyaman dari kawat atau benang penguat konstruksi pada ban yang telah putus. Selain itu benjolan ban juga dapat terjadi karena tekanan angin yang sering kurang dari standarnya sehingga beberapa bagian ban harus menanggung beban lebih berat dari bagian yang lain.  Jika hal tersebut terjadi maka ketahanan ban sudah rawan, ban juga akan mudah pecah karena itu segera gantikan ban dengan yang baru.

5. Ban Sudah Gundul

Karena pemakaian atau kebiasaan pengendara dapat menyebabkan ban menjadi gundul dan harus diganti. Misalnya ban gundul hanya di bagian tengah saja sedangkan bagian tepi masih bagus maka ban sebaiknya diganti karena ketebalannya tidak lagi sama. Begitu pula sebaiknya jika bagian tepi sisi dalam atau luar maupun bagian lainnya yang sudah gundul maka sebaiknya bawa mobil ke bengkel ban mobil.

6. Kembang Ban Sudah Terangkat  (Heel toe Wear)

Hal ini merupakan kondisi dimana kembangban seperti terangkat. Biasanya ban yang mengalami hal ini adalah pada mobil yang sering melalui jalan yang rusak. Apalagi jika mobilnya melaju dengan kecepatan tinggi pada jalanan yang tidak rata dan sering mengerem cukup keras. Selain itu juga dapat disebabkan karena bushing suspensi, bearing roda dan ball joint yang sudah aus.

7. Ban Retak-Retak

Kadang kala terdapat ban yang retak pada sisi samping, halinibiasanyaterjadikarena band terlalu sering kontak dengan panas dalam waktu yang lama. Sehingga ban mengalami kerusakan atau rapuh sebelum waktunya.

8. Ban Sudah Sering Ditambal

Ban yang mengalami kebocoran karena terkena benda tajam biasanya hanya tambal saja. Namun jika ban sudah terlalu sering bocor dan ditambal maka kekuatan ban akan berkurang, karena itu sebaiknya ban tersebut diganti melalui bengkel ban mobil.

Itulah penyebab ban harus diganti. Nah, untuk melakukan booking bengkel mobil lebih mudah Anda dapat menggunakan Otoklix. Dengan Otoklix Anda dapat  booking bengkel untuk ganti ban juga lebih mudah booking bengkel untuk servis ataupun tune up mobil dan berbagai kebutuhan mobil lainnya.

Otoklix juga telah bermitra dengan lebih dari 2000 bengkel umum di Jabodetabek. Bengkel umumnya juga memiliki kualitas yang baik dan tidak kalah dengan bengkel resmi. Dengan menggunakan Otokix pun Anda akan menjadi lebih mudah menemukan bengkel ban mobil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.