Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana Sesuai Alur

Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana Sesuai Alur
duniafintech.com
banner 120x600

Bagaimana cara membuat laporan keuangan sederhana berdasarkan urutan secara benar? Laporan keuangan merupakan salah satu bentuk dari pertanggungjawaban sebuah perusahaan terhadap stakeholder. Akan tetapi, terdapat perusahan yang belum memiliki serta menentukan cara pembuatan laporan sendiri. Hal tersebut akan banyak faktor yang menjadi penyebabnya.

Adapun salah satunya yaitu perusahaan belum mengetahui secara jelas bagaimana cara membuat informasi keuangan secara tepat dan mudah. Untuk itu, berikut ini langkah-langkah dalam membuat laporan secara sederhana.

Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana Sesuai Urutan

Dalam menyusun laporan keuangan, Anda perlu melakukan proses jurna transaksi. Kemudian mengelompokkan dalam buku besar alam masing-masing akun. Untuk mengetahui bagaimana tahapannya? Simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: 2+ Cara Membuat Internet Banking Mandiri yang Mudah Dilakukan

Mencatat serta Mengumpulkan Transaksi Jurnal

Pertama dalam membuat sebuah ringkasan keuangan yaitu melakukan pencatatan sebuah transaksi yang telah dilakukan oleh perusahaan pada tahun berjalan yang ada pada jurnal.

Transaksi sendiri adalah sebuah kegiatan yang biasa dilakukan oleh perusahaan. Baik transaksi dalam pembelian, penjualan, sewa, penukaran barang ataupun transaksi yang lainnya. Adanya bukti transaksi cukup penting.

Mengirim Jurnal dalam Buku Besar

Setelah membuat sebuah jurnal, untuk langkah selanjutnya yaitu mengirim jurnal dalam buku besar. Adapun buku besar yaitu sebuah rencana yang dimiliki oleh akun-akun yang ada. Dalam hal ini, tidaklah sulit. Anda hanya memerlukan pemindahan transaksi yang telah tercatat dalam jurnal ke akun-akun yang telah sesuai.

Menyusun Neraca Saldo

Kemudian langkah selanjutnya dalam cara membuat laporan keuangan sederhana setelah membuat buku besar yaitu menyusun neraca saldo. Neraca saldo merupakan suatu daftar rekening-rekening yang berada pada buku besar dengan saldo debit serta kredit. Daftar rekening yang telah ada di buku besar, nantinya akan masuk pada kelompok pasiva serta aktiva.

Mengumpulkan Data

Sejumlah transaksi kemungkinan masih ada yang belum transaksi atau tercatat pada akhir ketika langka membuat laporan keuangan. Bahkan masih ada yang tidak sesuai dengan kondisi ketika akhir periode. Maka dari itu, data tersebut akan dikumpulkan gunan membuat jurnal penyesuaian.

Jurnal tersebut akan dibuat pada akhir periode guna menyediakan saldo-saldo perkiraan yang bisa menunjukkan kondisi sebenarnya sebelum melakukan sebuah penyusunan laporan keuangan. Dengan demikian, jurna penyesuaian memiliki peran dalam pengukuran kinerja sebuah perusahaan. Jurnal penyesuaian akan menyajikan sebuah data keuangan dari sebuah perusahaan.

Menyusun Neraca Lajur

Guna memudahkan dalam menyusun laporan keuangan maka Anda perlu melakukan susuna neraca lajur. Penyusunan tersebut mulai dari data yang ada pada neraca saldo beserta bisa menyesuaikan dengan data yang dapatkan dari jurnal penyesuaian.

Kemudian, saldo yang telah perusahaan sesuaikan akan tampak pada kolom neraca saldo yang sudah tersesuaikan. Hal tersebut adalah saldo-saldo yang nantinya akan perusahaan laporkan ke dalam neraca serta laporan rugi laba.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Usaha Paling Efektit untuk Pebisnis

Membuat Laporan Keuangan

Untuk cara membuat laporan keuangan sederhana selanjutnya yaitu laporan yang telah terbuat menggunakan neraca lajur hanya perlu tulis kembali secara rapi. Kemudian sesuaikan dengan ketentuan atau standar dari laporan keuangan.

Hal tersebut karena dalam neraca lajur telah terpisah dari jumlah-jumlah yang akan perusahaan laporkan dalam neraca atau pada laporan rugi laba. Informasi yang ada dalam laporan keuangan sangatlah penting, sebab menunjukkan kinerja sebuah perusahaan serta bisa perusahaan pakai guna mengambil sebuah keputusan.

Nah itu tadi, penjelasan singkat mengenai bagaimana cara membuat laporan keuangan sederhana yang sesuai dengan alur. Bahkan sesuai dengan urutan yang benar.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.