Cara Menabung untuk Anak Sekolah yang Ampuh Bisa Dicoba

Cara Menabung untuk Anak Sekolah yang Ampuh Bisa Dicoba
orami.co.id
banner 120x600

Cara menabung untuk anak sekolah terkadang menjadi informasi yang penting. Ketahuilah penting bagi para orangtua guna mengajarkan bagaimana cara menabung untuk anak-anaknya yang masih sekolah. Apakah mengajarkan menabung sejak dini itu tidak akan mengganggu konsentrasi sekolahnya? Tentu saja tidak. Pasalnya jika mereka sudah diajarkan sejak dini maka jika mereka sudah dewasa perihal menabung akan menjadi kebiasaan.

Selain itu, dengan mengajarkan menabung sejak Sekolah juga mengajarkan mereka untuk tidak menghambur-hamburkan uang. Terlebih lagi mereka juga masih belum bisa bekerja. Ruangan anak-anak juga bergantung dengan orang tua. Kendati demikian, bukan berarti anak-anak itu tidak bisa menyisihkan uang yang sudah orang tuanya berikan. Dengan tujuan untuk ditabung.

Seperti sudah menjadi kebiasaan, bahwa setiap harinya anak sekolah itu pasti akan mendapatkan jatah uang saku. Bukankah tersebut menjadi kesempatan yang besar bagi mereka untuk bisa menyisihkan sebagian dari uang saku tersebut? Kendati demikian, tidak jarang ada yang masih belum bisa menabung dari uang saku tersebut. Apakah Anda merupakan salah satunya?

Cara Menabung untuk Anak Sekolah yang Unik

Teruntuk anda para orang tua yang masih kesulitan mengajarkan cara menabung untuk anak-anak yang masih usia sekolah, penting sekali untuk menyimak informasi berikut ini. Informasi mengenai cara mengajarkan anak-anak untuk bisa menabung. Dengan menggunakan cara ini, sudah pasti akan membuat anak-anak Anda merasa tertarik. Penasaran bukan?

Baca Juga: Pahami Peran Wanita dalam Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga

Gunakan Celengan yang Unik

Untuk Cara yang pertama, meskipun menabung saat ini bisa dititipkan ke bank, tapi tidak ada salahnya jika kita mengajarkan anak-anak untuk menabung di rumah dengan menggunakan celengan yang unik serta menarik. Ternyata cara ini juga cukup efektif membuat anak lebih bersemangat. Bagaimana tidak? Karena dengan unik dan menariknya bentuk celengan tersebut membuat mereka lebih tertarik untuk mengisinya sampai penuh.

Sedangkan saat ini juga mencari bentuk celengan yang unik dan menarik itu tidaklah sulit. Para orang tua juga bisa membelikan bentuk celengan sesuai dengan karakter kesukaan anak. Biasanya anak-anak itu suka nonton kartun. Bisa Doraemon, bisa Little Pony apapun karakter yang lainnya.

Menabung dengan Nominal Kecil

Kemudian cara menabung anak sekolah yang kedua adalah usahakan untuk setiap hari menabung meskipun dengan nominal yang kecil. Para orangtua juga harus menyadari bahwa menabung itu tidak melulu harus dengan jumlah nominal besar. Tidak menjadi masalah pula jika mengajarkan mereka untuk bisa menabung setiap hari meskipun kecil.

Nantinya aktivitas tersebut sudah menjadi rutinitas ataupun kebiasaan. Nominal yang kecil tersebut juga akan menjadi nominal yang besar. Bukankah kita juga mendengar ” sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit “. Ketahuilah bahwa menabung dengan nominal yang kecil asalkan dilakukan setiap hari itu lebih baik daripada menabung dengan nominal yang besar tetapi hanya dilakukan beberapa bulan sekali saja.

Jangan Buang Uang Receh

Selain itu cara menabung untuk anak sekolah yang perlu diperhatikan adalah, Jangan membuang uang receh. Selama ini ternyata masih banyak orang dewasa ataupun anak-anak yang meremehkan uang koin. Meskipun uang tersebut Rp 100 ataupun Rp 200, yang tidak bisa digunakan untuk membeli barang.

Walaupun begitu bukan berarti kita meremehkan keberadaan uang tersebut. Cobalah mulai dari sekarang apa pemikiran yang seperti itu. Meskipun itu uang receh ataupun uang koin keberadaannya tidak kalah berharga dengan uang lainnya. Jika kita menabung uang receh tersebut lama-lama juga nominalnya akan besar. Apabila Anda mempunyai uang receh Tidak ada salahnya jika anda memasukkan uang tersebut ke dalam celengan.

Baca Juga: Mengenal Lembaga Keuangan Syariah dan Fungsinya!

Gunakan Toples Transparan

Tak hanya itu saja menabung dalam toples dan transparan juga menjadi cara yang disarankan. Nyatanya cara menabung ini juga efektif guna mendorong anak-anak supaya lebih semangat. Sebab yang demikian itu uang yang mereka masukkan dalam toples bisa terlihat sehingga anak-anak juga akan terus mempunyai sugesti bahwa toples tersebut harus penuh.

Tak ada salahnya juga jika orang tua membantu menuliskan ataupun menempelkan foto mengenai tujuan anak disebut menabung. Sangat menginspirasi bukan beberapa cara menabung untuk anak sekolah tersebut? Jadi tidak ada salahnya juga apabila Anda segera mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.