Cara Mengajarkan Anak Mengelola Keuangan nya

banner 120x600

Contents

Saat kita masih berusia dini, kita tidak mengerti apa itu uang? Cara mengatur keuangan? Fungsi uang?

Mengajarkan anak untuk mengelola keuangan sejak dini menjadikan ada beberapa orang tua yang pro dan kontra akan hal ini. Mereka yang kontra mengatakan nanti anak nya hanya tahu material saja uang, uang, dan uang.

Menurut Dean Brauer yang merupakan pakar pendidikan keuangan mengatakan bahwa mengajarkan dan membangun kebiasaan sejak dini sangat penting dilakukan oleh orang tua.

Orang tua bertanggung jawab untuk masa depan anak nya. Apasalah nya bila orang tua sudah memulai mengajarkan cara mengelola keuangan, pun nanti apabila sudah dewasa akanbermanfaat bagi anak itu sendiri.

Apakah Anda tertarik untuk mengajari anak-anak cara mengelola uang sejak usia muda? Coba lakukan beberapa tips di bawah ini.

1. Mengetahui perbedaan keinginan dan kebutuhan

Pertama yang harus orang tua lakukan adalah memberi pemahaman bahwa kebutuhan dan keinginan adalah dua hal yang berbeda.

Orang tua harus menjelaskan kebutuhan itu merupakan hal yang kita butuhkan dalam bertahan hidup, sedangkan keinginan hanyalah sesuatu yang dapat menyenangkan hati, dan tetap bisa bertahan hidup tanpa hal tersebut

2. Berikan celengan

Orang tua bisa memberikan celengan untuk menyimpan uang anak. Dengan adanya celengan yang manarik,  anak akan bersemangat untuk memenuhi isi celengan tersebut.

3. Dimulai dari mengumpulkan uang logam

Karena usia mereka yang masih kecil, orang tua bisa memulai dengan uang logam terlebih dahulu karena pecahan kertas terlalu besar untuk mereka.

Setelah itu hitung jumlah uang yang sudah didapatkan, lalu belanjakan uang tersebut agar anak mengetahui apa yang bias ia dapatkan dari jumlah uang tersebut.

4. Budgeting Keuangan

Terkesan sulit tetapi ini sangat mudah dipahami. Orang tua dapat memulai dengan memberikan uang jajan per minggu, biarlah anak berpikir dan merencanakan sendiri uang nya.

Kemudian orang tua berdiskusi lebih lanjut mengenai uang yang telah diberikan

Baca Juga: Cara Ngatur Uang Ala Raditya Dika

5. Jangan mengatur pengelolaan pengeluaran anak, bicarakan saja tentang keputusan keuangan mereka.

Untuk usia dini seperti ini memang rawan sekali mereka membelanjakan uang nya dengan bijak. Orang tua juga harus memberikan kesempatan salah untuk anak, agar anak bisa belajar dari kesalahan yang telah ia perbuat.

6. Ajarkan memberi kepada orang lain

Selain mengajarkan penting nya cara mengatur uang, orang tua juga harus mengajarkan tentang memberi kepada anak.

Orang tua bisa memberi penjelasan meenai peduli sesame dan saling memberi atau membantu kepada orang lain. Biarkan mereka mulai terlibat dalam hal-hal kecil, mulai dari berdonasi di kotak donasi hingga berdonasi untuk hal yang mereka pedulikan

7. Jadilah contoh yang baik

Contoh terbaik adalah orang tua yang belajar tentang uang sejak usia dini. Berhati-hatilah dengan sikap yang Anda tunjukkan kepada anak Anda dalam hal uang. Cobalah untuk memimpin dengan memberi contoh ketika situasinya memungkinkan.

Semakin awal Anda memberi ilmu anak-anak cara mengelola uang, semakin baik mereka mengelola keuangan pribadi mereka ketika mereka dewasa. Jangan khawatir untuk mengajari anak Anda cara memberi secara positif. Namun, Anda harus bersabar karena anak kecil tidak dapat langsung memahami apa yang diajarkan orang tua mereka. Ajari anak langkah demi langkah dengan contoh nyata. Beginilah cara anak-anak meniru dan berlatih hingga dewasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *