Cara Menganalisis Laporan Keuangan yang Tepat

5 Cara Menganalisis Laporan Keuangan yang Tepat
pexels.com
banner 120x600

Bagi sebuah bisnis, usaha, maupun perusahaan, laporan keuangan memiliki peranan yang sangat penting. Namun, tidak hanya sekedar mengetahui cara penyusunannya saja, kamu pun juga perlu tahu cara menganalisis laporan keuangan tersebut.

Menganalisis laporan keuangan dengan cermat, baik, dan tepat, sudah pasti memiliki dampak positif bagi kemajuan bisnis itu sendiri. Sebab, pada dasarnya analisis laporan keuangan ini memiliki tujuan tertentu.

Mulai dari mengetahui perubahan posisi keuangan perusahaan pada periode tertentu hingga membantu manajemen dalam mengambil sebuah keputusan yang penting.

5 Cara Menganalisis Laporan Keuangan

Menganalisis ini memiliki banyak arti. Bisa mengidentifikasi, mengolah, menilai, mempelajari, hingga membandingkan. Dengan kata lain, menganalisis laporan keuangan ini sama artinya dengan mengidentifikasi, menilai maupun membandingkan laporan keuangan yang sudah kamu buat.

Menganalisis laporan keuangan memang tidak semudah kedengarannya. Sebagai salah satu sumber informasi, berikut ini adalah pemaparan terkait cara menganalisis laporan keuangan.

1. Menentukan Karakteristik Ekonomi Industri

Hal pertama kali yang mesti kamu lakukan adalah dengan menentukan karakteristik ekonomi industri. Kamu bisa mulai dengan membuat rantai ekonomi industri terlebih dahulu.

Misalnya saja seperti produksi, distribusi, hingga layanan perusahaan. Pada langkah ini, biasanya kamu juga akan membutuhkan analisis atribut ekonomi.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Usaha Paling Efektit untuk Pebisnis

2. Memperhatikan Berbagai Faktor yang Berpengaruh

Cara menganalisis laporan keuangan tidak pernah lepas dari memperhatikan berbagai faktor yang berpengaruh. Misalnya saja seperti pajak, inflasi, tingkat suku bunga, perombakan manajemen, maupun faktor lainnya.

Tak hanya itu saja, kamu juga harus memperhatikan faktor kemajuan industri maupun teknologi yang saat ini tengah berkembang. Sejatinya, setiap perusahaan tidak pernah lepas dari kedua hal tersebut dan selalu berkaitan.

3. Mengidentifikasi Strategi Perusahaan

Tak kalah penting, kamu juga perlu mengidentifikasi strategi yang digunakan oleh perusahaan. Pada tahap ini kamu bisa menilai dari sifat produk maupun jasa yang perusahaan kamu tawarkan.

Tak hanya itu saja, kamu juga perlu menentukan strategi lainnya. Misalnya, keunikan yang perusahaan kamu miliki, tingkat margin keuntungan yang ingin dicapai, potongan harga, loyalitas merek, maupun lainnya.

Hal ini memiliki tujuan untuk membangun sekaligus membentuk strategi yang akan perusahaan kamu gunakan. Kamu juga perlu mengidentifikasi faktor lainnya seperti industri yang berperan sebagai pemasok kebutuhan bisnis maupuun diversifikasi industri.

Baca Juga: Cara Deposito Bank BCA dan Membuka Rekening Deposito Bank BCA

4. Menilai Kualitas Laporan Keuangan

Cara mengidentifikasi laporan keuangan lainnya yakni dengan menilai kualitas laporan keuangan tersebut. Itu artinya, kamu perlu memberikan tinjauan kembali terhadap laporan keuangan yang sudah kamu rancang sebelumnya.

Demi mendapatkan hasil yang bisa kamu pertanggungjawabkan, kamu perlu menyamaratakannya dengan standar akuntansi perdagangan yang sesuai. Tak kalah penting, kamu juga perlu mengevaluasi beberapa hal penting lainnya seperti neraca saldo, laporan laba rugi, hingga kinerja ekonomi perusahaan.

Untuk neraca saldo sendiri, pastikan neraca saldo tersebut sudah lengkap atau belum. Kemudian, untuk laporan laba rugi, pastikan jika keuntungan yang kamu dapatkan adalah laba berkualitas.

5. Membuat Kesimpulan

Cara mengidentifikasi laporan keuangan yang terakhir adalah dengan membuat kesimpulan. Dari semuanya yang sudah kamu analisa, kamu akan mendapatkan sebuah hasil.

Dari hasil itulah, kamu bisa membuat kesimpulan sesuai dengan perhitungan yang sudah kamu lakukan. Setelah itu, kamu bisa tahu apakah kondisi keuangan perusahaan kamu sehat atau justru sebaliknya.

Melalui cara menganalisis laporan keuangan ini, kamu bisa mendapatkan hasil yang relevan. Dengan begitu, kamu akan semakin mudah dalam menyusun strategi untuk mengembangkan perusahaan secara tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.