Cara Mengatur Gaji Mingguan, Finansial Aman Sampai Akhir Bulan

cara mengatur gaji mingguan
leverageedu.com
banner 120x600

Mengelola keuangan memang penting untuk dilakukan oleh setiap orang, termasuk bagi Anda yang menerima gaji atau upah secara mingguan. Ya, memang untuk belajar serta mengetahui Cara mengatur gaji mingguan ini rasanya sedikit sulit bagi beberapa orang Namun, apabila Anda sudah menerapkannya dengan konsisten, pastinya Anda Pun bisa ikut menikmati banyak manfaat dari mengatur keuangan mingguan ini.

Pasalnya, tidak sedikit orang yang sering kehabisan uang di pertengahan bulan. Berapapun pendapatan yang mereka peroleh, rasanya tak pernah mampu mencukupi semua kebutuhan bulanan. Harga kebutuhan hidup keseharian yang selalu meningkat jadi salah satu alasannya. Tetapi alasan lain yang justru pengaruhnya lebih besar yaitu keinginan impulsif untuk membeli berbagai macam barang yang tak terencana.

Bagaimana Cara Mengatur Gaji Mingguan agar Tidak Cepat Ludes?

Apabila Anda terlalu berlebihan serta tidak bisa mengontrol keinginan membeli barang-barang yang tidak Anda perlukan, maka hal ini dapat berdampak buruk. Nah, supaya terhindar dari berbagai hal yang tidak Anda inginkan, silahkan mulai mencoba untuk belajar mengatur keuangan, ya!

Apabila Anda belum terbiasa untuk mengelola keuangan bulanan, memang terasa sulit Anda lakukan. Oleh sebab itu, mulailah dengan cara yang lebih gampang, yaitu mengatur keuangan secara mingguan. Ya, apabila Anda konsisten menerapkan hal ini, cara tersebut ampuh untuk menjaga keuangan Anda tetap aman sampai akhir bulan.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Usaha Paling Efektit untuk Pebisnis

Usahakan untuk Menabung

Cara mengatur gaji mingguan yang pertama bagi para ibu rumah tangga yaitu dengan menyisihkan uang untuk menabung. Berapapun nilai penghasilan Anda, upayakan untuk menyisihkan sebagian lalu Anda tabung. Anda dapat menyisihkan 10% hingga 15% dari total gaji mingguan yang Anda dapatkan untuk ditabung.

Angka tersebut merupakan minimal dalam menabung, apabila Anda hendak menabung dengan lebih banyak pun sah-sah saja, ya! Dengan menabung bukan berarti Anda harus hidup pas-pasan, namun tahu mana yang jadi kebutuhan dan keinginan. Punya tabungan dapat mengurangi peluang Anda dari berhutang berlebihan serta sebagai dana cadangan ketika Anda berada dalam kondisi darurat.

Tulis Daftar Belanja

Mungkin terdengar klasik, namun cukup berpengaruh. Menuliskan daftar belanjaan sebelum Anda pergi ke pasar atau supermarket memang terbilang cukup penting. Untuk menentukan uang belanja mingguan, Anda terlebih dulu harus menuliskan kebutuhan rumah tangga dalam seminggu.

Dilansir dari laman BBC, menuliskan daftar belanja juga bisa membantu Anda untuk merencanakan menu makan selama 1 pekan. Sehingga, saat tiba di pasar atau supermarket, Anda tidak perlu mengelilingi seluruh area. Anda cukup berhenti di rak-rak yang berisikan kebutuhan di dalam list belanja tersebut.

Menahan Diri dari Berbelanja

Cara mengatur gaji mingguan selanjutnya adalah berusaha menahan diri untuk tidak berbelanja berlebihan. Walaupun Anda sudah menuliskan daftar kebutuhan serta anggaran yang Anda sediakan, keinginan untuk berbelanja hal lain seringkali datang.

Nah, silahkan Anda mencoba untuk menahan diri tidak mengikuti keinginan itu, minimal menahannya supaya tak berlebihan. Anda dapat menyusun anggaran yang spesifik, seperti untuk membeli jajanan online berapa serta untuk beli keperluan perawatan diri berapa persen. Dengan menyusun anggaran secara mendetail, Anda jadi lebih bisa menahan diri di dalam membelanjakan uang.

Manfaatkan Diskon

Tidak perlu merasa gengsi untuk berbelanja dengan mencari harga diskon. Ya, apabila cara ini dapat membantu Anda lebih berhemat, mengapa tidak Anda lakukan? Sekarang ini banyak e-commerce yang sering memberi potongan harga atau diskon.

Demikian pula supermarket atau minimarket, banyak yang menjual barang-barang berharga sale. Silahkan memanfaatkan hal tersebut untuk berbelanja kebutuhan pokok mingguan Anda.

Baca Juga: Cara Menggunakan M-Banking BNI dan Keuntungan Pemakaian

Evaluasi Pengeluaran Tiap Bulan

Usai menggunakan atau membelanjakan uang Anda untuk beraneka macam kebutuhan, jangan lupa untuk selalu melakukan evaluasi dan report tiap akhir bulan. Apakah pengeluaran Anda sesuai anggaran yang sudah Anda tentukan, kurang dari anggaran, atau justru melebihi budget.

Ya, dengan Anda rajin membuat catatan evaluasi secara berkala, Anda jadi dapat menilai kelemahan Anda dalam mengatur keuangan. Cara mengelola keuangan mingguan berikutnya yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu cara yang tepat guna menanggulangi kelemahan yang Anda punya.

Tahu cara mengatur gaji mingguan yang baik penting untuk Anda pahami supaya nantinya Anda dapat belajar lebih dalam berhemat. Selain itu juga punya kesempatan untuk mewujudkan impian di masa depan. Walaupun kadang hal tersebut sedikit sulit Anda Lakukan, namun tak ada salahnya untuk mencoba, bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.