Yuk Ketahui, Cara Mengatur Keuangan Anak Kuliah!

Cara Mengatur Keuangan Anak Kuliah
istockphoto.com
banner 120x600

Cara mengatur keuangan anak kuliah ini memang bukan hal yang mudah, ya, kawan. Ya, mengatur keuangan bukan hanya harus dilakukan oleh orang yang telah memperoleh penghasilan sendiri. Namun, kenyataanya Anda, bagi anak mahasiswa bisa mulai mengatur keuangan sejak kuliah. Menjadi seorang mahasiswa merupakan sebuah proses menuju kedewasaan.

Pada saat ini Anda perlu dituntut untuk selalu bertanggung jawab atas diri sendiri, mulai dari mengatur waktu hingga mengelola finansial. Cara mengatur keuangan memang bukan hal mudah tak terkecuali bagi orang dewasa telah mempunyai penghasilan tetap. Jika sudah terbiasa mengatur keuangan sejak dini, maka akan mempunyai dasar pengelolaan finansial yang baik.

Inilah Beberapa Cara Mengatur Keuangan Anak Kuliah!

Dalam hal mengatur keuangan memang begitu rumit jika belum terbiasa. Namun untuk cara mengatur keuangan anak kuliah menjadi langkah awal dan pertama dalam hal manajemen keuangan. Meskipun belum bekerja, tetap saja Anda sebagai mahasiswa yang masih kuliah tentu perlu semakin dewasa pula dalam hal mengatur keuangan, bukan?

Ya, Anda harus tahu cara dan langkah dalam hal mengatur uang sehari-hari. Agar lebih paham dan jelas lagi berikut caranya di bawah ini.

Mulai Disiplin Menabung

Cara pertama untuk mengatur uang masih berstatus mahasiswa adalah mulai menabung. Setelah menerima uang saku, utamakan tabungan Anda. Jadi dengan rutin menabung, Anda bisa memulai investasi sejak kuliah. Uang tabungan tersebut akan berguna di masa depan, seperti membeli kebutuhan diri sendiri untuk kuliah atau hal lainnya.

Tentukan Berbagai Sumber Pemasukan

Sebagai mahasiswa perkuliahan, biasanya para orang tua ada yang masih memberikan uang transport untuk bisa kuliah dan jajan. Nah, hal itu manfaatkan sebagai sumber pemasukan. Di samping itu, Anda juga harus mulai belajar untuk melakukan usaha atau bekerja sampingan untuk membantu orang tua.

Bantu orang tua Anda agar bisa mengalokasikan dana ke pos lain, seperti menolong adik yang masih sekolah di rumah. Ada banyak pekerjaan freelance dan part time bisa Anda cari melalui internet.

Tentukan Pengeluaran

Setelah seluruh sumber pendapatan Anda catat, sekarang selanjutnya Anda harus mendaftar seluruh biaya telah Anda keluarkan dalam waktu sebulan. Hal yang wajib Anda dahulukan seperti, membayar kos, pulsa telpon, uang transportasi, uang kuliah, uang makan hari-hari, dan uang kebutuhan belajar. Catatlah secara terperinci dan jangan terlewatkan pengeluaran Anda, ya.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Usaha Paling Efektit untuk Pebisnis

Membuat Anggaran Keuangan

Cara berikutnya dalam hal mengatur dan mengelola keuangan anak mahasiswa yakni dengan membuat rencana anggaran keuangan. Maka dari itu, Anda harus mengatur dengan baik agar tidakĀ  besar di tahap pengeluaran. Apabila pengeluaran Anda lebih besar, lihat apakah ada yang Anda pangkas atau ada pengeluaran yang sebenarnya bukan kebutuhan tapi hanya keinginan.

Jika masih belum cukup, tentunya Anda harus mencegah sumber pendapatan Anda. Jadi jika anggaran keuangan sudah terancang secara baik, patuhilah anggaran tersebut demikian rupa. Sebab jika tidak, anggaran keuangan itu hanya sekedar rencana dan tidak terealisasi.

Baca juga: Cara Deposito Bank BCA dan Membuka Rekening Deposito Bank BCA

Buatlah Pos Dana Cadangan

Cara mengatur keuangan anak kuliah lainnya yakni dengan cara membuat pos dana cadangan. Dana cadangkan hanya untuk memenuhi atau menutupi segala macam kebutuhan yang mendesak saja. Misalnya saja kendaraan rusak dan harus diperbaiki ke bengkel. Tetu kerusakan motor tidak selalu terjadi dan tidak tentu besar biaya yang harus Anda keluarkan, bukan?

Ikuti dan terapkan cara mengatur keuangan anak kuliah di atas agar Anda menjadi pribadi yang hemat dalam hal urusan keuangan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.