Cara Mengatur Keuangan Cafe yang Efektif Terapkan 6 Hal Berikut Ini

Cara Mengatur Keuangan Cafe yang Efektif Terapkan 6 Hal Berikut Ini
rimma.co
banner 120x600

Cara mengatur keuangan cafe harus cermat mengingat saat ini bisnis tersebut telah menjadi salah satu ide bisnis dengan prospek menjanjikan. Tujuannya tidak lain adalah supaya kendala operasional tidak menerpa bisnis Anda.

Pelayanan yang cepat adalah keunggulan dari cafe shop. Terlebih lagi budaya kawula muda yang gemar nongkrong sambil menikmati secangkir kopi. Inilah mengapa cafe shop prospeknya jauh lebih menguntungkan.

6 Cara Mengatur Keuangan Cafe yang Efektif

Selain memberikan servis memuaskan bagi para pengunjung, Anda juga perlu tahu bagaimana cara mengelola keuangan cafe. Beberapa manfaat jika pengelolaan keuangan rutin Anda kerjakan.

  • Mudah melacak pengeluaran.
  • Penggajian karyawan bisa tepat waktu.
  • Mengetahui keuntungan yang diperoleh.
  • Mudah melakukan evaluasi proses penjualan makanan & minuman.

Bayangkan jika bisnis cafe yang Anda pegang berkembang pesat. Tentu transaksi keuangan akan bertambah banyak. Berikut adalah beberapa tips mengatur keuangan bagi pemula yang praktis dan mudah diterapkan.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Usaha Paling Efektit untuk Pebisnis

Membuat dan Menyusun Pencatatan Anggaran Biaya

Membuat anggaran biaya adalah hal wajib, jadi tidak boleh terlewatkan begitu saja. Ini karena anggaran biaya yang telah Anda susun sedemikian rupa bisa mengontrol pengeluaran biaya. Jadi semua pengeluaran anggaran tepat pengalokasiannya.

Buatlah anggaran biaya sedetail mungkin meliputi besarnya nominal yang harus dibayarkan, biaya untuk pengadaan barang, hingga biaya operasional setiap hari. Jika modal yang dikeluarkan terkendali dalam arti sesuai kebutuhan cafe, maka akan semakin baik kedepannya.

Melacak & Menganalisa Arus Keuangan Setiap Hari

Mengawasi, melacak, dan melakukan analisa cafe setiap hari adalah cara salah satu cara mengatur keuangan cafe. Amatilah pengunjung cafe yang datang setiap harinya kemudian total keseluruhan pengeluaran di hari yang sama.

Gunakan 2 hal tersebut sebagai analisa yang membantu menghitung apakah pengeluaran di hari tersebut telah terpakai sebagaimana mestinya. Nantinya, analisa ini bisa Anda gunakan sebagai bahan evaluasi keuangan cafe.

Laba untuk Mengembangkan Usaha

Sudah hal yang lumrah jika suatu bisnis bertujuan untuk meraih income sebanyak mungkin. Supaya income cafe semakin bertambah besar, gunakan laba untuk mengembangkan usaha.

Hindari Hutang dan Tagihan

Beberapa supplier bahan baku menyediakan layanan cash tempo. Sah sah saja jika Anda memanfaatkan layanan tersebut.

Hanya saja, bayarlah tagihan tepat waktu. Cara mengatur keuangan cafe ini akan mendukung keuangan cafe menjadi sehat.

Persiapkan Anggaran Cadangan

Kerugian adalah hal yang paling tidak diinginkan. Namun, dalam berbisnis apa saja bisa terjadi. Jadi, ada baiknya Anda mempersiapkan anggaran sebagai antisipasi dari hal tersebut.

Pengunjung yang datang ke cafe juga kadang hanya sedikit sehingga pendapatan jauh dari target yang seharusnya. Persiapan dana cadangan ini juga bisa dipakai untuk menutupi biaya yang telah dikeluarkan pada hari itu. Jadi, cafe bisa tetap berjalan dengan baik.

Baca juga: Informasi Pinjaman Bank CIMB Niaga untuk Karyawan serta Syarat dan Prosedurnya

Review Menu Cafe

Menu makanan dan minuman cafe ada kalanya harus mengalami pembaruan. Apakah menu cafe menarik bagi pelanggan yang datang? Apakah porsinya sudah sesuai, sehingga tidak ada yang terbuang percuma. Bahkan juga tampilan menu serta varian.

Hal ini nantinya akan membantu Anda dalam pembelian bahan baku sehingga risiko kerugian cafe bisa diminimalisir atau bahkan dihindari.

Supaya cara mengatur keuangan cafe terasa lebih mudah, Anda memerlukan laporan pendukung keuangan. Laporan yang biasanya Anda perlukan berupa laporan arus kas, laba/rugi, neraca saldo, beserta rumus mengatur keuangan. Selain itu usahakan agar menggunakan sumber daya pinjaman sebijak mungkin.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.