Cara Mengatur Keuangan Pribadi yang Baik dan Sehat

Cara Mengatur Keuangan Pribadi
unsplash.com
banner 120x600

Cara mengatur keuangan pribadi tentunya harus segera Anda terapkan, apalagi jika Anda sudah bekerja dan menerima gaji. Cara ini akan menjadi solusi untuk membuat kondisi keuangan Anda tetap stabil hingga akhir bulan. Tentunya Anda juga tidak bisa langsung berfoya-foya setelah menerima gaji.

Diperlukan pengelolaan yang tepat agar uang gaji masih bisa Anda manfaatkan hingga menerima gaji pada bulan berikutnya. Dengan ini maka Anda tidak perlu khawatir kehabisan uang di pertengahan bulan.

Begini Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Setiap hari kita selalu dihadapkan pada berbagai pengeluaran, mulai dari belanja, cicilan, tagihan listrik, hingga PDAM. Karena itu Anda harus pandai-pandai mengelola keuangan pribadi agar semua kebutuhan tetap dapat terpenuhi. Jika Anda tidak bisa mengelola keuangan pribadi maka kondisi keuangan Anda akan kacau.

Lalu bagaimanakah cara mengatur keuangan pribadi yang benar? Berikut ini adalah pembahasannya:

Membuat Rencana Keuangan

Rencana keuangan bisa Anda buat dengan menyusun setiap pengeluaran dan pendapatan perbulan. Anda harus menyesuaikannya dengan besaran gaji yang Anda terima. Jangan sampai terjadi besar pasak daripada tiang alias besar pengeluaran daripada pendapatan. Perhatikan kembali setiap pengeluaran yang akan dilakukan, sebaiknya Anda mengurangi pengeluaran yang tidak penting untuk lebih menghemat uang.

Baca Juga: 4+ Kelebihan Menggunakan Blu Bank Digital BCA yang Perlu Anda Ketahui

Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Dalam menyusun rencana keuangan Anda juga harus membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan merupakan segala barang atau layanan yang utama untuk dipenuhi, misalnya yaitu bahan pokok, membayar listrik dan air, atau membayar cicilan.

Kemudian keinginan merupakan segala barang atau layanan yang sifatnya hanya tambahan dan hanya untuk memenuhi kesenangan pribadi saja. Misalnya yaitu belanja sepatu baru, baju dan masih banyak lagi. Dengan membedakan keduanya maka Anda akan bisa mengatur keuangan dengan lebih mudah karena tahu kebutuhan apa yang sebaiknya didahulukan dan apa yang bisa dikesampingkan.

Gunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Jika sudah memegang kartu kredit tentunya muncul keinginan untuk berbelanja berbagai barang. Akibatnya Anda akan menjadi lebih konsumtif yang akhirnya berpengaruh pada tagihan yang harus Anda bayar. Karena itu cara mengatur keuangan pribadi selanjutnya Anda harus selalu bijak dalam menggunakan kartu kredit. Belilah barang-barang yang memang penting dan Anda butuhkan.

Menabung dan Siapkan Dana Darurat

Menabung dan menyiapkan dana darurat juga perlu Anda lakukan. Hal ini untuk berjaga-jaga jika di masa depan Anda membutuhkan uang secepatnya untuk keperluan mendesak. Tidak ada keharusan berapa nominal yang disisihkan yang pasti Anda harus rutin melakukannya.

Bayar Cicilan atau Utang Tepat Waktu

Jika Anda memiliki suatu cicilan atau utang maka Anda harus melunasinya tepat waktu. Hal ini karena untuk menghindari bunga serta cicilan yang menumpuk sehingga bisa memberatkan saat proses membayar. Anda juga harus memisahkan uang gaji untuk khusus membayar utang agar uang tersebut tidak digunakan untuk keperluan lainnya.

Selain itu, jika utang atau cicilan yang Anda miliki belum lunas maka jangan mengambil utang lagi. Tentunya Anda juga tidak mau mengalokasikan seluruh gaji hanya untuk membayar utang bukan?

Baca Juga: Ini Syarat Deposito Emas di Bank Mandiri Syariah yang Mudah

Investasi

Cara mengatur keuangan pribadi selanjutnya yaitu jangan lupa untuk melakukan investasi. Investasi ini akan berguna untuk diri sendiri pada masa yang akan datang. Ada banyak jenis investasi yang bisa Anda lakukan mulai dari saham, properti, reksadana, maupun emas. Namun tentunya Anda juga harus mengetahui bagaimana caranya dan apa saja risikonya agar tidak mengalami kerugian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.