Cara Mengelola Uang Bulanan yang Baik, Coba Yuk!

Cara Mengelola Uang Bulanan yang Baik, Coba Yuk!
cermati.com
banner 120x600

Cara mengelola uang bulanan perlu Anda lakukan dengan baik. Apabila Anda menerapkan cara mengatur uang yang tepat, maka dapat mencapai banyak tujuan finansial. Mulai dari terbebas hutang kartu kredit lebih cepatĀ  dan menabung untuk tujuan jangka panjang, seperti pendidikan, rumah, atau pensiun.

Bahkan survei menunjukkan apabila yang berpegang teguh pada anggaran, cenderung tidak mengalami kekhawatiran finansial atau hidup bergantung dari pendapatan bulanan. Oleh karena itu, Anda perlu memahami cara mengatur keuangan yang baik.

Inilah Cara Mengelola Uang Bulanan yang Baik

Apabila Anda ingin membuat anggaran bulanan yang baik, ada beberapa hal penting yang harus diikuti. Berikut ini adalah beberapa tipsnya.

Buat Anggaran Bulanan

Tentu sangat mudah untuk mengeluarkan uang, namun apabila pengeluaran tidak terkontrol, pendapatan bulanan akan selalu habis. Oleh karena itu, Anda perlu membuat anggaran bulanan. Sebaiknya anggaran bulanan ini Anda buat saat awal bulan atau sebelum mulai membelanjakannya.

Pastikan untuk selalu mencatat pengeluaran rutin. Mulai dari setiap pengeluaran yang sudah Anda catat, setelah itu perlu membuat skala prioritas. Anda perlu membuat anggaran bulanan untuk pengeluaran rutin. Misalnya seperti tagihan listrik, tagihan kredit dan biaya hidup untuk satu bulan harus menjadi prioritas.

Baca Juga: Cara Menggunakan M-Banking BNI dan Keuntungan Pemakaian

Tentukan Prioritas Keuangan

Anda perlu memahami bahwa dengan adanya anggaran sebagai salah satu cara mengelola keuangan. Hal ini akan memudahkan Anda dalam memisahkan kebutuhan dan keinginan. Namun yang perlu Anda tambahkan yakni mengenai prioritas kebutuhan tersebut dalam jangkauan waktu. Cara mengelola uang bulanan perlu membagi prioritas kebutuhan dalam anggaran sesuai dengan waktu yang Anda butuhkan. Mulai dari kebutuhan sehari-hari, kebutuhan per bulan, hingga pada masa yang lebih panjang.

Sisihkan Pendapatan untuk Ditabung

Menabung adalah menjadi hal yang wajib. Pemikiran seperti ini harus selalu Anda tanamkan dan coba terapkan. Namun, jangan menabung dari sisa pendapatan bulanan. Justru sebaliknya, Anda perlu menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditabung saat awal bulan. Menabung saat awal bulan memberikan banyak keuntungan. Tak hanya memberi jaminan bahwa setiap bulannya dapat menabung, cara ini juga akan membantu mengelola pengeluaran lebih selektif.

Sisihkan Pendapatan untuk Investasi

Masa pensiun juga perlu Anda siapkan sejak dini, namun menabung saja juga tidak cukup. Anda juga perlu mempersiapkan masa tua dengan melakukan investasi. Investasi ini yang akan memberi Anda passive income untuk memenuhi kebutuhan saat tidak lagi bekerja. Sejak masih muda, maka perlu menyisihkan sebagian pendapatan untuk berinvestasi.

Alokasikan untuk Dana Darurat

Cara mengelola uang bulanan yang perlu Anda lakukan dengan mengalokasikan dana darurat. Mungkin sebagian dari Anda belum memahami dana darurat. Dana darurat merupakan dana yang dapat Anda gunakan untuk hal-hal mendesak. Dana tersebut yang tidak dapat Anda atasi hanya dengan keuangan normal. Oleh karena itu, dana ini dapat Anda gunakan tanpa ada jadwal yang pasti dan sifatnya yang darurat.

Baca Juga: Ini Syarat Deposito Emas di Bank Mandiri Syariah yang Mudah

Buat Dua Rekening Bank

Memiliki dua atau lebih dari satu rekening bank akan membantu dalam mengelola keuangan lebih mudah. Dengan memiliki satu rekening untuk tabungan, sementara rekening satu lagi untuk menerima gaji dan memenuhi kebutuhan bulanan. Namun apabila ingin membuka lebih dari satu rekening bank, sebaiknya memilih bank dengan biaya admin paling rendah atau bahkan tidak terdapat biaya admin sama sekali.

Berbagai cara mengelola uang bulanan tersebut perlu Anda coba terapkan. Anda akan merasakan keuangan yang semakin membaik dan pengeluaran menjadi terkontrol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.