Contoh Laporan Keuangan Perusahaan yang Harus Anda Pahami

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan yang Harus Anda Pahami
flickr.com
banner 120x600

Contoh laporan keuangan perusahaan harus Anda ketahui, karena jumlahnya yang banyak dan fungsinya berbeda-beda maka patut Anda simak. Memang salah satu aktivitas paling penting untuk Anda lakukan sebagai pebisnis adalah menyajikan laporan keuangan.

Nah, laporan keuangan sendiri merupakan pencatatan tentang informasi keuangan selama satu periode atau lebih. Tidak hanya itu saja, melainkan karakteristik laporan keuangan juga harus bisa Anda pahami secara relevan.

Inilah Contoh Laporan Keuangan Perusahaan yang Wajib Anda Tahu

Menjalankan sebuah bisnis maka tidak hanya sekedar menghitung permasalahan untung rugi saja. Lebih dari itu, sebab pemilik perusahaan juga harus mampu menjalankan, mengontrol, dan mengevaluasi setiap kebijakan yang ada.

Sebut saja seperti penyusunan laporan keuangan, sebab dalam sebuah perusahaan keuangan adalah hal yang sangat penting. Baik itu industri dalam sektor jasa, dagang, hingga manufaktur sekalipun semua membutuhkan laporan keuangan.

Tidak hanya mengetahui apa pengertian dan fungsi dari laporan keuangan saja, melainkan contoh-contohnya juga. Karena ada beberapa contoh laporan keuangan yang penting untuk Anda ketahui.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Usaha Paling Efektit untuk Pebisnis

Laporan Arus Kas

Contoh laporan keuangan perusahaan yang pertama adalah arus kas. Ini digunakan untuk memberi informasi mengenai arus kas masuk dan keluar. Sehingga sebagai pemilik perusahaan, Anda harus mengetahui seberapa banyak uang kas yang sudah Anda keluarkan.

Begitu juga dengan seberapa banyak uang yang masuk, ini sangat penting karena akan mempengaruhi kinerja perusahaan. Nah, jadi Anda bisa memantau arus kas seperti itu mulai dari sekarang demi kelangsungan bisnis.

Laporan Neraca

Nah, laporan neraca alias balance sheet ini merupakan salah satu contoh laporan keuangan yang menggambarkan bagaimana posisi keuangan. Sementara itu, dalam informasinya sendiri bersihkan modal, kewajiban serta aset yang lengkap.

Contoh laporan keuangan perusahaan seperti ini dan pada bagian aset akan ditampilkan pada sisi aktiva dan modal bagian pasiva. Sehingga untuk mencatat sebuah laporan neraca, maka Anda harus bisa memahami apa saja persamaan dasar akuntansi tersebut.

Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi seperti ini bermanfaat untuk menilai bagaimana kinerja keuangan dalam sebuah perusahaan itu sendiri. Jadi apakah bisnis perusahaan tersebut mengalami untung atau malah merugi dalam satu periode.

Selanjutnya laporan seperti ini juga yang akan memberi informasi lengkap tentang pajak perusahaan tersebut. Kemudian juga sebagai bahan evaluasi divisi manajemen dan membantu untuk mengambil keputusan.

Baca Juga: Cara Daftar Livin Mandiri di ATM secara Mudah dan Tepat!

Laporan Perubahan Modal

Nah, pada laporan perubahan modal seperti ini adalah sebuah informasi daya yang menyajikan berubahnya aktiva bersih. Yakni berupa peningkatan serta penurunan selama satu periode tersebut.

Sehingga ketika pendirian sebuah usaha atau bisnis, maka Anda bisa langsung menyetorkan modal sebagai pemilik bisnis tersebut. Jadi selama masa kinerja usaha, maka modal awal akan langsung berubah.

Sementara itu, beberapa informasi lain yang harus Anda perlukan saat akan membuat laporan ini terdiri dari modal awal, prive, dan total laba ruginya. Adapun contoh dari laporan perubahan modal seperti ini adalah Laporan Perubahan Modal.

Pada intinya bahwa laporan ini nanti akan memperlihatkan bagaimana kondisi awal modal dan kondisi perubahan dari modal itu sendiri.

Kini kemungkinan Anda sudah mengetahui dan memahami apa saja contoh laporan keuangan perusahaan. Sebab sudah kita bahas secara bersama-sama. Sebagai tambahan lagi bahwa laporan keuangan dalam perusahaan memang memiliki peranan yang sangat penting. Sehingga guna kelancaran bisnis, maka setiap perusahaan harus memiliki laporan keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.