Finansial Skill Yang Harus Kamu Miliki Saat Ini

Mengelola keuangan dengan bijak adalah kebiasaan yang harus dimiliki setiap individu. Namun, tidak semua orang memiliki Finansial Skill yang memadai untuk mengelola uang mereka dengan baik. Seiring dengan meningkatnya biaya hidup, penting bagi kita untuk mengembangkan keterampilan keuangan agar dapat mengatur uang dengan bijak dan memenuhi kebutuhan hidup. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa keterampilan keuangan yang harus kamu miliki.

Keterampilan Keuangan yang Harus Dimiliki

1. Budgeting Awal Bulan 

Budgeting atau penganggaran adalah salah satu keterampilan keuangan yang penting. Dengan membuat anggaran awal bulan, kamu dapat mengatur pengeluaranmu dan menghindari pemborosan. Tentukan pengeluaranmu untuk kebutuhan pokok seperti makanan, pakaian, transportasi, dan tagihan bulanan seperti listrik dan air.

2. Sedekah

Sedekah adalah kewajiban bagi umat muslim dan juga merupakan kebiasaan baik yang harus dimiliki setiap orang. Selain mendapatkan pahala, sedekah juga dapat membantu mengurangi beban finansial orang yang membutuhkan.

Baca Juga: Cara Ampuh Menghapus Kebiasaan Hedon

Kamu dapat menentukan jumlah sedekah yang sesuai dengan kemampuanmu, tetapi pastikan untuk melakukannya secara rutin.

3. Catat Pengeluaran Harian 

Salah satu keterampilan keuangan penting adalah mencatat pengeluaran harian. Dengan mencatat pengeluaranmu, kamu dapat melacak uang yang telah kamu habiskan dan mengatur pengeluaranmu ke depannya. Ada banyak aplikasi pengelola keuangan yang dapat membantumu mencatat pengeluaran harian dengan mudah.

4. Berburu Diskon atau Promo (H2)

Mencari diskon atau promo adalah keterampilan yang penting dalam mengatur keuangan. Sebelum membeli barang atau jasa, pastikan kamu mencari tahu apakah ada diskon atau promo yang tersedia. Kamu dapat mencari diskon atau promo melalui internet, media sosial, atau dengan bergabung dengan program loyalitas pelanggan.

5. Menawar Harga (H3)

Menawar harga adalah keterampilan yang harus dimiliki dalam membeli barang atau jasa. Jangan takut untuk menawar harga jika kamu merasa harga yang ditawarkan terlalu tinggi. Tapi pastikan kamu menawar dengan sopan dan dengan harga yang wajar.

6. Belanja Berdasarkan Fungsi Bukan Gengsi 

Belanja berdasarkan fungsi bukan gengsi adalah keterampilan keuangan yang penting untuk menghindari pemborosan. Belilah barang yang benar-benar kamu butuhkan dan sesuai dengan kebutuhanmu, bukan hanya karena ingin tampil trendy atau fashionable.

7. Menyisihkan dan Investasi 

Menyisihkan uang dan berinvestasi adalah keterampilan keuangan yang penting untuk mempersiapkan masa depan yang lebih stabil secara finansial. Dengan uang yang kami sisih kan  setiap bulan dapat membantumu membangun tabungan darurat dan merencanakan masa depanmu. Selain itu, kamu juga dapat mempertimbangkan untuk berinvestasi agar uangmu dapat berkembang dengan lebih cepat.

8. Bayar Cicilan Tepat Waktu

Jika kamu memiliki hutang atau cicilan, pastikan kamu membayarnya tepat waktu. Keterlambatan dalam pembayaran dapat menimbulkan denda dan bunga yang lebih besar dan dapat merugikanmu secara finansial. Kemudian bayarlah cicilan dengan tepat waktu agar kamu tidak terlilit hutang.

Memiliki Finansial Skill dengan bijak adalah keterampilan yang penting bagi setiap orang. Dengan mengembangkan keterampilan keuangan yang tepat, kamu dapat mengatur uangmu dengan baik dan memenuhi kebutuhan hidupmu. Ingatlah untuk membuat anggaran awal bulan, mencatat pengeluaran harian, berburu diskon atau promo, menawar harga, belanja berdasarkan fungsi bukan gengsi, menyisihkan dan berinvestasi, dan membayar cicilan tepat waktu.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *