Mengenal Apa Saja Jenis Jenis Rasio Keuangan dan Pengertiannya

Mengenal Apa Saja Jenis Jenis Rasio Keuangan dan Pengertiannya
unsplash.com
banner 120x600

Bagi Anda yang kini sedang menjalankan sebuah bisnis, maka harus mengetahui apa saja jenis jenis rasio keuangan tersebut. Sebab rasio keuangan ini merupakan salah satu analisis yang sangat bermanfaat besar di dalam dunia perbisnisan.

Selain itu, keuangan merupakan hal yang krusial dalam bisnis yang harus Anda hitung guna membuat bisnis menjadi stabil. Jadi bagi Anda seorang investor maupun pebisnis, maka harus mengetahui tentang rasio keuangan tersebut.

Seperti yang kita ketahui, bahwa keuangan dalam sebuah perusahaan memang memiliki peran yang sangat penting. Demi kelancaran bisnis dalam sebuah perusahaan, maka tidak akan pernah luput yang namanya laporan keuangan pula, begitu juga dengan rasio keuangan.

Simak Beberapa Jenis Jenis Rasio Keuangan, Apa Saja Ya?

Dalam menjalankan sebuah usaha atau bisnis, maka analisis rasio keuangan adalah hal yang penting untuk Anda lakukan. Karena rasio keuangan ini merupakan alat analisis keuangan perusahaan untuk menilai kinerja perusahaan tersebut.

Biasanya rasio keuangan seperti ini juga seringkali digunakan oleh pihak investor maupun manajemen. Bagi investor, maka rasio keuangan akan mereka gunakan untuk menentukan seberapa besar investasi yang bisa diberikan.

Sedangkan bagi manajemen, maka berguna untuk menentukan seberapa baiknya kinerja dari perusahaan untuk selanjutnya di evaluasi. Bagi Anda yang belum paham maka bisa mengetahui dengan menyimak jenis rasio keuangan ini.

Baca Juga: 5+ Cara Membuat Mobile Banking BNI yang Sederhana dan Cepat

Rasio Aktivitas

Jenis jenis rasio keuangan yang pertama ini adalah rasio aktivitas yang merupakan rasio untuk mengukur efektivitas sebuah perusahaan. Sehingga bisa ditentukan dengan mudah seberapa tinggi tingkat aktivitas aktiva pada kegiatan tertentu.

Jadi, rasio aktivitas ini merupakan salah satu rasio yang akan mengukur efektivitas pada sebuah perusahaan. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan segala macam sumber daya yang mereka miliki itu.

Rasio Likuiditas

Ini merupakan salah satu jenis rasio keuangan yang bermanfaat untuk mencari tahu kemampuan suatu perusahaan dalam membayar hutang. Sehingga hal seperti ini dapat dilakukan dengan cara menghitung aset lancar perusahaan maupun kewajiban lancar.

Jadi jenis jenis rasio keuangan seperti ini akan mengukur tingkat kemampuan likuiditas jangka pendek perusahaan. Caranya adalah dengan melihat aktiva lancar perusahaan pada utang lancarnya itu.

Artinya rasio yang satu ini akan menampilkan kemampuan suatu perusahaan ketika memenuhi kewajiban. Yakni membayar utang dalam jangka pendek.

Rasio Rentabilitas

Nah, rasio rentabilitas ini adalah sebuah rasio untuk mengukur kemampuan dalam perusahaan untuk mendapat laba yang mereka inginkan. Tidak hanya itu saja, melainkan rasio rentabilitas ini juga mempunyai beberapa jenis yang berbeda pula. Seperti return on assets, profit margin, net profit margin, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Usaha Paling Efektit untuk Pebisnis

Rasio Solvabilitas

Rasio solvabilitas atau sering kita kenal sebagai leverage ratio adalah sebuah rasio dalam rangka menilai kemampuan perusahaan. Atau dalam arti lain sebagai pelunasan utang dan semua kewajibannya dengan cara menggunakan jaminan modal atau aktiva.

Baik itu berupa harta kekayaan dalam bentuk apapun yang dimiliki dalam jangka pendek maupun jangka panjang sekalipun. Jadi rasio solvabilitas seperti ini juga memiliki dua jenis yang berbeda.

Seperti pembahasan sebelumnya bahwa rasio keuangan adalah alat analisis keuangan perusahaan untuk menilai kinerja perusahaan tersebut. Sementara itu, salah satu fungsi dari rasio keuangan ini adalah sebagai bahan pertimbangan bagi investor untuk melakukan investasi.

Selain itu juga sebagai bahan penentuan besarnya pajak oleh perusahaan pada pemerintah. Setelah tahu apa saja jenis jenis rasio keuangan, mungkin kini saatnya Anda bisa menjalankan bisnis dengan lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.