Apa Itu Pubertas? Kenali Masa Pubertas dalam Perubahan Tubuh

pubertas
banner 120x600

apa itu pubertas? Kenali Masa Pubertas dalam Perubahan Tubuh, Pubertas adalah masa ketika anak-anak menjadi dewasa muda melalui perubahan fisik dan emosional. Ini tidak terjadi sekaligus, tetapi perlahan seiring waktu. Orang tua sering bertanya-tanya bagaimana membantu anak mereka melalui perubahan ini.

Simak dari awal hingga akhir artikel Pubertas ini. Mengetahui apa yang diharapkan akan membantu Anda berbicara dengan anak Anda tentang perubahan tubuh mereka dan menjawab pertanyaan mereka.

Kapan Pubertas Dimulai?

Sebagian besar wanita akan mulai pubertas ketika mereka berusia 8 hingga 13 tahun, dan sebagian besar pria akan mulai antara 9 dan 14 tahun. Tetapi bisa juga normal untuk memulai lebih awal atau lebih lambat.

Hormon dari otak memicu dimulainya pubertas. Hormon menjadi pembawa pesan kimiawi yang dapat memberi tahu tubuh apa yang  harus dan perlu untuk dilakukan. Ketahui dan simak baik-baik artikel ini bagaimana perubahan yang terjadi.

Pada pria: Hormon memberitahu testis untuk membuat hormon testosteron dan sperma. Pada wanita: Hormon memberitahu ovarium untuk membuat hormon estrogen dan memicu pertumbuhan dan pelepasan sel telur

Hormon pubertas lainnya berasal dari kelenjar adrenal, sepasang kelenjar yang terletak di bagian atas ginjal. Hormon-hormon ini menyebabkan pertumbuhan rambut kemaluan dan ketiak, bau badan, dan jerawat.

Bagaimana Cara Kita Kenali Masa Pubertas dalam Perubahan Tubuh?

Perubahan Fisik Apa yang Terjadi Selama Pubertas?

Laki-laki

Untuk laki-laki, perubahan fisik pubertas biasanya dimulai dengan testis yang semakin besar. Rambut gelap, kasar, keriting akan tumbuh tepat di atas penis dan di skrotum. Penis dan testis akan menjadi lebih besar, dan ereksi lebih sering terjadi.

Baca juga :

Ejakulasi keluarnya air mani yang mengandung sperma juga terjadi. Ejakulasi saat tidur disebut “mimpi basah” atau emisi nokturnal. Nantinya, rambut akan tumbuh di bawah lengan dan di area jenggot. Dan retakan pertama pada suara itu adalah tanda bahwa suara itu berubah dan akan semakin dalam.

Beberapa pria mendapatkan beberapa pertumbuhan payudara (disebut ginekomastia). Biasanya hilang dalam 6 hingga 18 bulan. Bentuk tubuh mereka mulai berubah saat bahu mereka melebar dan mereka menambah berat badan dan otot.

Percepatan pertumbuhan biasanya terjadi antara usia 12 dan 15 tahun. Pada usia 16 tahun, kebanyakan pria telah berhenti tumbuh, tetapi otot mereka akan terus berkembang. Percepatan pubertas ini berkembang seiring berjalannya waktu.

Wanita

Bagi kebanyakan wanita, perubahan fisik pertama dari pubertas adalah perkembangan payudara. Dimulai dengan benjolan kecil, keras, lembut (disebut tunas) di bawah satu atau kedua puting. Payudara akan menjadi lebih besar selama satu atau dua tahun ke depan.

Rambut gelap, kasar, keriting akan muncul di labia (lipatan kulit di sekitar vagina). Nantinya, akan lebih banyak rambut yang tumbuh di area kemaluan dan di bawah lengan. Bentuk tubuh mereka mulai berubah saat pinggul mereka melebar dan mereka menambah berat badan dan lemak tubuh.

Harapkan periode pertama ( menstruasi ) sekitar 2 tahun setelah kuncup payudara muncul, biasanya antara usia 9 dan 16 tahun. Kebanyakan wanita mengalami percepatan pertumbuhan sekitar 1-2 tahun sebelum periode mereka dimulai.

Baca juga :

Setelah mereka mendapatkan menstruasi, sebagian besar betina tumbuh sekitar 1-2 inci lagi sebelum pertumbuhan berhenti.Terima kasih telah membaca artikel Pubertas ini dari awal hingga akhir. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.