Pahami Peran Wanita dalam Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga

keuangan rumah tangga
pexels.com
banner 120x600

Seorang wanita memiliki peran yang cukup penting dalam mengatur keuangan rumah tangga. Terutama dalam mengatur masalah pemasukan dan pengeluaran keuangan dalam rumah tangganya.

Seperti yang kita tahu, manajemen keuangan keluarga adalah salah satu hal yang vital. Bahkan, setiap keluarga maupun individu wajib melakukan manajemen keuangan yang baik.

Tujuannya tak lain untuk membuat ekonomi lebih maju dan bisa siap menghadapi masa depan dalam hal ekonomi yang akan terjadi nantinya.

Peran Wanita dalam Mengelola Keuangan Rumah Tangga

Dalam rumah tangga, seorang wanita tidak hanya berperan sebagai seorang ibu yang harus mendidik anak dan melayani suami dengan baik. Akan tetapi, wanita juga memiliki peran yang penting dalam mengelola keuangan sehari-hari.

Baca Juga: Cara Menggunakan SMS Banking BNI yang Mudah dan Cepat

Lantas, apa saja peran seorang wanita dalam rumah tangga agar mampu mengelola keuangan keluarganya dengan baik? Peran wanita dalam keuangan rumah tangga diantaranya yaitu:

1. Mendukung Keuangan Keluarga

Semakin hari, biaya untuk kebutuhan hidup pastinya akan meningkat. Tak heran jika sebagian besar wanita banyak yang memilih ikut dalam membantu suami dalam mencukupi biaya kehidupan rumah tangga tersebut.

Untuk mendukung ekonomi keluarga, selain menjadi ibu rumah tangga Anda bisa juga membuka usaha sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

2. Menentukan Tujuan Keuangan

Seorang ibu memang memiliki peran dalam menentukan tujuan keuangan keluarga. Akan tetapi, ini juga harus dibicarakan dengan kepala keluarga. Sebab tujuan keuangan keluarga tak hanya menjadi tanggungan istri. Akan tetapi merupakan tanggungjawab bersama.

Anda perlu menyusun skala prioritas tujuan keuangan sesuai dengan jangka waktu pemenuhannya. Pertimbangkan juga sumber keuangan yang Anda miliki. Baik itu penghasilan dari suami atau penghasilan dari kerja sampingan sang istri.

3. Lakukan Pencatatan Keuangan

Untuk mengelola keuangan rumah tangga, cobalah selalu mengetahui kondisi keuangan keluarga. Selain itu, lakukan juga pencatatan keuangan.

Catatlah pemasukan dan pengeluaran dalam setiap harinya. Dengan melakukan pencatatan keuangan, kondisi keuangan bisa kita evaluasi dengan baik. Bahkan, Anda juga bisa mengatur agar uang yang keluar benar-benar sesuai kebutuhan.

4. Membuat Pos Keuangan

Seorang ibu juga perlu membuat pos-pos pengeluaran serta pemasukan yang ada dalam kebutuhan keluarga.

Buatlah anggaran terlebih dahulu berdasarkan skala prioritas yang sesuai dengan tujuan keuangan. Mulai dari kebutuhan pokok seperti uang bulanan untuk kebutuhan makanan, transportasi, listrik, dan lain sebagainya.

Selanjutnya untuk kebutuhan jangka panjang atau masa depan, sebaiknya Anda tidak lupa membuat anggaran untuk menabung.

5. Menggunakan Keuangan Sesuai Kebutuhan

Apabila Anda sudah menetapkan tujuan keuangan keluarga, sebagai ibu rumah tangga Anda juga harus berperan untuk memilih produk keuangan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sebagai contoh, Anda bisa mempertimbangkan mempunyai produk asuransi kesehatan untuk mengalihkan adanya risiko kerugian finansial. Jadi terlebih dulu waspada jika ada pihak keluarga yang sakit.

Baca Juga: Cara Menggunakan M-Banking BNI dan Keuntungan Pemakaian

6. Bijak dalam Berhutang dan Investasi

Saat ini marak terjadi kasus penipuan karena adanya investasi bodong dan pinjaman online ilegal. Banyak ibu rumah tangga yang menjadi korban akibat kurangnya pengetahuan dalam hal keuangan.

Dengan begitu, mereka mudah sekali terbujuk dengan proses pinjaman yang mudah. Perlu Anda ketahui, dalam berhutang atau investasi, Anda tidak boleh melakukannya dengan sembarangan. Bahkan, Anda perlu melakukannya dengan sangat hati-hati.

Keuangan rumah tangga memang sangat penting untuk Anda kelola dengan sebaik mungkin. Terlebih lagi Anda yang merupakan ibu rumah tangga. Jika keuangan mampu Anda kelola dengan baik, maka ekonomi rumah tangga Anda bisa aman untuk masa depan.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.