Macam Olahraga Lari yang Populer dan Sering Dilakukan

Macam Olahraga Lari yang Populer dan Sering Dilakukan
unsplash.com
banner 120x600

Ternyata ada berbagai macam olahraga lari yang bisa Anda lakukan. Jenis olahraga satu ini memang cukup banyak memiliki penggemar. Alasannya tentu karena olahraga lari ini mudah untuk kita lakukan dan tidak membutuhkan banyak biaya. Bahkan Anda bisa berolahraga satu ini kapan saja.

Olahraga lari memang sudah tidak asing lagi kita kenal. Banyak orang yang melakukan olahraga mudah satu ini dikala waktu sedang luang. Selain itu olahraga satu ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, sehingga tidak heran jika banyak orang yang melakukan olahraga satu ini.

Macam Olahraga Lari yang Populer dan Sering Dilakukan
unsplash.com

Macam Olahraga Lari Paling Banyak Diminati

Ternyata olahraga lari ini pun memiliki banyak jenisnya, dan pastinya masing-masing jenis olahraga lari ini bisa dengan mudah Anda lakukan. Terkadang bahkan orang sampai senang dengan salah satu jenis lari dan menjadikannya sebagai hobi, Anda bisa mencoba hal satu ini.

Terlebih olahraga satu ini memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, meskipun olahraga ini terbilang mudah dilakukan dan tidak memerlukan berbagai peralatan. Jika Anda belum tahu berikut ini beberapa jenis olahraga lari yang harus Anda ketahui terlebih dahulu.

Lari Sprint

Macam olahraga lari yang pertama adalah lari sprint, jenis olahraga satu ini mungkin sudah tidak asing lagi, bukan? Bahkan jenis olahraga satu ini pun sering kali juga diperlombakan. Biasanya lari sprint ini juga terbagi menjadi beberapa jarak.

Misalnya lari sprint jarak 100 m, 200 m dan 400 m, hal ini merupakan lari tergantung dengan jarak tempuh Anda bisa mencoba lari satu ini jika belum pernah. Kebanyakan lari jenis ini memang sebagai salah satu cabang perlombaan, masyarakat umum jarang melakukan olahraga lari jenis ini.

Lari Pemulihan

Jenis lari selanjutnya mungkin masih sedikit asing untuk Anda dengar. Jenis lari ini umumnya bisa kita lakukan dengan menempuh jarak pendek dan kecepatan yang rendah. Dalam olahraga ini Anda bisa berlari sepelan mungkin, sangat cocok bagi yang sebelumnya melakukan olahraga terlalu berat.

Seperti lari jarak jauh Anda bisa mencoba untuk melakukan lari pemulihan dengan berlari sepelan mungkin. Lari ini akan bermanfaat untuk memulihkan Anda setelah lelah beraktivitas. Hal ini menjadi salah satu olahraga lari yang cukup ringan untuk Anda lakukan, sehingga bisa mencoba melakukan lari satu ini.

Lari Progresif

Macam-macam olahraga lari selanjutnya adalah lari progresif. Jenis lari ini biasanya bisa berlari dengan kecepatan sesuai dengan kenyamanan Anda. Nah nantinya perlahan-lahan Anda bisa mempercepat tempo lari dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi.

Namun jenis lari satu ini jauh lebih sulit Anda lakukan. Apalagi ketika Anda menggunakan teknik lari dasar. Namun lari ini biasanya digunakan untuk mengetahui sejauh mana batas kekuatan Anda. Nah jika Anda penasaran mungkin bisa mencoba untuk melakukan jenis lari satu ini.

Lari Jarak Jauh

Pasti Anda sudah tidak asing dengan macam lari satu ini, karena biasanya jenis lari satu ini digunakan untuk perlombaan. Untuk lari jarak jauh ini terbagi menjadi beberapa cabang yaitu lari jarak 5000 m, 10000 m dan 42,195 km.

Lari Dasar

Macam-macam olahraga lari selanjutnya ini cocok jika Anda ingin melakukannya dengan ringan. Olahraga ini bisa Anda lakukan dengan kecepatan senyaman mungkin. Meskipun olahraga lari satu ini kurang menantang namun sangat cocok bagi Anda yang hanya sekedar berolahraga untuk menjaga kesehatan saja.

Itu tadi beberapa macam olahraga lari yang bisa Anda coba untuk tetap menjaga kebugaran tubuh. Kebanyakan orang memilih jenis olahraga ini karena jauh lebih efisien untuk mendapatkan segala manfaatnya, ketimbang dengan jenis olahraga lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *