Manfaat Olahraga Renang yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Olahraga Renang yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh
pixabay.com
banner 120x600

Manfaat olahraga renang bagi kesehatan tubuh sangat banyak jika dilakukan secara teratur. Berenang secara rutin dapat melatih otot, kekuatan jantung, dan juga meningkatkan metabolisme sehingga tubuh dapat membakar kalori lebih banyak. Sebagian orang banyak melakukan olahraga rutin sebagai program diet untuk menurunkan berat badan dan menambah tinggi badan.

Olahraga renang lebih banyak menggunakan otot untuk bergerak, sehingga dapat membangun kekuatan dalam tubuh juga bisa membuat badan menjadi lebih sehat dan bugar.

Manfaat Olahraga Renang yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh
pixabay.com

Beberapa Manfaat Olahraga Renang Bagi Kesehatan Tubuh

Sama halnya dengan jenis olahraga lain, berenang memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh yang perlu Anda ketahui. Berikut ini beberapa manfaat olahraga renang yang baik bagi kesehatan tubuh.

 1. Menambah Tinggi Badan

Olahraga renang bisa membantu membentuk postur tubuh yang kuat dan dapat memperkuat tulang belakang. Saat berenang di dalam air, badan harus melawan gravitasi sehingga otot tubuh akan bergerak. Hal itu berarti tubuh bagian atas dan dada akan melakukan peregangan dan kontraksi secara kontras. Gerakan tersebut yang memicu pelepasan hormon pada tubuh yang dapat meningkatkan pertumbuhan dalam tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Jantung dan Paru-Paru

Berenang dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan menguatkan kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen. Olahraga ini dapat memelihara fungsi dari semua organ tubuh serta menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Sementara itu, berenang secara rutin juga bisa menambah kapasitas paru-paru dan dapat mengontrol pernapasan.

3. Membentuk Massa Otot Tubuh

Hampir seluruh gerakan dalam renang menggunakan otot tubuh untuk bergerak melawan tekanan dalam air. Hal ini yang dapat meningkatkan kelenturan dan massa otot tubuh. Aktivitas olahraga air ini juga bisa dilakukan untuk memperkecil betis sehingga dapat membuat terlihat lebih kencang. Seseorang yang rutin melakukan olahraga renang dapat membantu membentuk dan menguatkan otot dada.

4. Menghilangkan Stres dan Memperbaiki Suasana Hati

Banyak orang yang sering mengalami kondisi stres. Stres bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan pada tubuh. Namun, salah satu cara untuk mengatasinya bisa dengan melakukan olahraga renang. Berenang dapat memberikan efek meningkatkan suasana hati dan dapat menurunkan tingkat stres. Olahraga renang ini dapat melemaskan otot tubuh sehingga membuat badan lebih rileks. Tidak hanya untuk menghilangkan stres saja, manfaat olahraga renang juga dapat meningkatkan suasana hati penderita demensia.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Tidur merupakan suatu aktivitas yang sangat penting bagi tubuh agar tetap sehat. Namun, banyak orang yang masih mengalami gangguan tidur seperti insomnia. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut olahraga renang dapat menjadi solusinya.

6. Mengatasi Kondisi Saraf Kejepit

Saraf kejepit adalah gangguan kesehatan yang menyebabkan penderitanya sulit untuk beraktivitas dengan leluasa dan hanya berbaring di tempat tidur. Apabila kondisi ini dibiarkan tanpa penanganan dengan tepat, bisa membuat otot melemah sehingga sendi dapat menegang. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat melakukan olahraga berenang. Gerakan berenang ini bisa membuat otot-otot punggung dan tulang belakang menjadi lebih rileks dan santai.

7. Mengurangi Nyeri Sendi

Manfaat berenang bisa mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh peradangan sendi. Selain itu, olahraga ini juga bisa dilakukan oleh penderita arthritis. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa penderita osteoporosis yang melakukan olahraga ini secara rutin, dapat mengalami penurunan nyeri sendi.

Itulah beberapa manfaat olahraga renang yang dapat Anda rasakan jika rutin melakukan secara teratur. Manfaat renang bukan hanya sebatas kebugaran fisik saja, tapi juga pada kondisi mental Anda. Jika Anda ingin melakukan olahraga yang menyegarkan, menyenangkan, dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh, cobalah berenang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *