Pengertian Kas dan Setara Kas Lengkap dengan Jenisnya

Pengertian Kas dan Setara Kas Lengkap Dengan Jenisnya
pexels.com
banner 120x600

Bagi Anda yang bergelut di dunia akuntansi, pasti sudah tak asing lagi dengan istilah kas dan setara kas. Meski sekilas sama, namun keduanya memiliki perbedaan cukup signifikan. Perbedaan tersebut bisa Anda ketahui dari pengertian keduanya. Lantas apa pengertian kas dan setara kas? Anda bisa mengetahuinya dengan menyimak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Kas dan Setara Kas Lengkap Dengan Jenisnya
pexels.com

Review Pengertian Kas dan Setara Kas

Untuk lebih mengenal kas dan setara kas, tentu sangat penting untuk memahami apa definisinya. Kas itu sendiri merupakan uang tunai yang mengacu pada kas kecil. Misalnya saja koin dan uang kertas. Selain itu, kas juga mencangkup kas di tangan.

Kas ini seringkali dipegang oleh perusahaan. Meski begitu, kas juga bisa Anda simpan di lembaga perbankan. Dengan wujud kas kecil, kas bisa perusahaan manfaatkan untuk pembayaran berbagai kewajiban ataupun kegiatan umum tanpa repot.

Lain halnya dengan setara kas. Istilah ini mengacu pada kas jangka pendek yang memiliki tingkat bunga minimum. Dengan sifat sangat liquid, setara kas memiliki perubahan nilai yang tak signifikan. Terlihat jelas bahwa pengertian kas dan setara kas sangat berbeda.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Usaha Paling Efektit untuk Pebisnis

Jenis Kas dan Setara Kas

Setelah memahami pengertian dari kas dan setara kas, penting juga untuk mengetahui apa saja jenisnya.

Jenis Kas

Kas terdiri dari berbagai jenis. Adapun beberapa diantaranya yaitu:

Petty Cash

Jenis kas yang satu ini juga terkenal sebagai kas kecil. Sama halnya namanya, jenis kas ini ada di perusahaan untuk pembayaran dengan jumlah sedikit. Misalnya saja pembayaran kegiatan yang dilakukan perusahaan secara rutin. Dengan menggunakan kas kecil, maka bisa mempercepat berlangsungnya kegiatan tersebut.

Kebutuhan yang mendadak juga bisa teratasi dengan menggunakan kas kecil. Tak hanya itu, bahkan kas kecil juga seringkali digunakan sebagai talangan saat dalam kondisinya tak memungkinkan menggunakan cek.

Restricted Cash

Istilah yang juga terkenal sebagai kas terbatas ini sengaja disisihkan untuk memenuhi berbagai keperluan di masa mendatang.

Bank Overdrafts

Jenis kas lainnya yaitu bank overdraft. Pada dasarnya, bank overdraft adalah perusahaan yang mengeluarkan cek. Apabila Anda bandingkan dengan saldo yang ada di bank, nilai di dalam cek tersebut lebih besar.

Cash in Bank

Cash in bank juga populer dengan sebutan kas besar. Kebutuhan atau pengeluaran non rutin yang jumlah nominalnya besar bisa menggunakan dana dari kas besar. Misalnya saja pengeluaran untuk membayar sewa tempat, membeli aset, membayar utang, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan kas besar, maka pembayaran yang menggunakan nominal besar bisa Anda lakukan secara praktis.

Baca Juga: 5+ Cara Membuat Mobile Banking BNI yang Sederhana dan Cepat

Jenis Kas Setara

Bukan hanya kas saja yang terdiri dari beberapa jenis, melainkan juga kas setara. Untuk kas setara, jenis-jenisnya meliputi treasury bill, Surat Utang Negara, dan masih banyak lagi. Pada umumnya, setara kas berupa aset yang perusahaan miliki tidak sampai 3 bulan.

Ketika kondisi perekonomian sedang tidak stabil, maka bisa memanfaatkan setara kas. Dengan memanfaatkan setara kas, maka keuangan perusahaan bisa kembali membaik.

Dengan mengetahui pengertian kas dan setara kas, maka Anda bisa lebih mengenal keduanya. Semakin mengenal lebih dalam berkat pembahasan jenis-jenisnya di atas. Apabila Anda masih pemula dalam dunia akuntansi, sudah seharusnya memahami definisi, jenis, maupun ulasan lainnya perihal kas dan setara kas. Dengan begitu, Anda bisa terjun ke bidang akuntansi secara lancar dan mampu memanfaatkannya sebaik mungkin. Hasilnya pasti memuaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *