Strategi Menyimpan Uang untuk Pendidikan Anak Penting Dicoba

Strategi Menyimpan Uang untuk Pendidikan Anak Penting Dicoba
orami.co.id
banner 120x600

Strategi menyimpan uang untuk pendidikan anak ternyata juga perlu disiapkan sejak sekarang. Seperti yang kita ketahui bahwa biaya pendidikan itu tidak murah dan tidak mudah. Walaupun banyak negara maju yang sudah memberikan pendidikan secara gratis kepada masyarakatnya. Akan tetapi, apakah Indonesia sudah melakukan hal tersebut? Bukankah biaya pendidikan yang ada di Indonesia juga tergolong mahal?

Perlu Anda ketahui, biaya pendidikan itu menjadi momok yang menghantui para orang tua. Tidak sedikit pula orang tua yang harus merasa tercekik leher dan membuat pemasukan tandas ketika memenuhi biaya pendidikan untuk anak-anaknya. Memang hal tersebut sudah menjadi kewajiban. Tapi pada kenyataannya masih banyak keluarga yang tidak menganggap penting biaya pendidikan untuk anak-anaknya di masa mendatang.

Padahal anak-anak itu juga berhak mendapatkan pendidikan sampai ke perguruan tinggi. Tidak ada salahnya jika orang tua itu memikirkan biaya pendidikan anaknya tersebut saat mereka masih balita ataupun sebelum anaknya lahir. Pasalnya mengenai biaya pendidikan untuk anak-anak untuk menjadi pikiran tersendiri.

Strategi Menyimpan Uang untuk Pendidikan Anak, Begini!

Tapi memikirkannya saja juga tidak cukup. Sebagai orang tua, Anda juga harus mempunyai pengetahuan mengenai bagaimana cara mengelola uang dengan baik serta mengetahui cara-cara guna bisa menyiapkan uang pendidikan anak. Mengenai hal tersebut, anda tidak perlu stres pula. Bagi Anda yang belum mengetahui berikut ini terdapat beberapa strategi yang bisa Anda amalkan.

Tabungan Konvensional

Untuk strategi menyimpan uang guna memenuhi pendidikan anak di masa mendatang adalah dengan menggunakan tabungan konvensional. Tepat sekali, menabung uang di bank menjadi salah satu cara menyimpan uang pendidikan yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Belum lagi saat ini terdapat banyak sekali produk tabungan yang bisa Anda pilih dan alokasikan khusus untuk memenuhi biaya pendidikan anak.

Anda juga bisa membuka rekening tabungan atas nama anak langsung. Kunci sukses dalam melakukan strategi ini adalah disiplin menabung. Pasalnya prinsip menabung itu harus sabar dan disiplin. Upayakan suka Anda tidak membuka rekening tabungan tanpa kartu ATM. Agar nantinya anda tidak tergoda untuk menggunakan uang tersebut.

Baca Juga: Cara Menggunakan M-Banking BNI dan Keuntungan Pemakaian

Tabungan Pendidikan

Kemudian strategi menyimpan uang untuk pendidikan anak yang bisa orang tua lakukan adalah melalui tabungan pendidikan. Perlu Anda ingat dan garis bawahi bahwa tabungan pendidikan itu juga berbeda dengan tabungan pada umumnya. Biasanya tabungan pendidikan itu merupakan tabungan yang berjangka dengan adanya keunggulan tersendiri. Contohnya saja dengan adanya bunga lebih menarik, mendapatkan fasilitas seperti halnya asuransi kesehatan dan yang lainnya.

Ketahuilah bahwa tabungan pendidikan biasanya juga ditawarkan dengan adanya fasilitas asuransi jiwa. Makanya, apabila Anda sudah tiada maka target dana pendidikan juga tetap akan tercapai. Bukan hanya asuransi jiwa saja yang menjadi fasilitas dari jenis tabungan yang satu ini. Karena memang bunganya juga menggoda, tambah lagi adanya asuransi kesehatan dengan tambahan sejumlah biaya.

Investasi Reksadana

Ternyata investasi reksadana juga menjadi cara untuk menyimpan uang guna memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anak di masa yang akan datang. Benar, reksadana merupakan salah satu jenis investasi produk pasar modal yang bisa memberikan keuntungan jangka menengah ataupun jangka panjang. Mungkin bagi Anda yang baru pertama kali mendengar, Anda bisa mencoba melakukan investasi kecil-kecilan menggunakan reksadana.

Pasalnya reksadana itu mempunyai keunggulan yakni modal investasi terjangkau, dengan adanya keuntungan tinggi daripada tabungan bank serta minim risiko. Nantinya, Anda juga bisa memilih reksadana konvensional dengan tipe campuran. Maksudnya adalah nantinya dana Anda tersebut akan diinvestasikan ke berbagai jenis investasi.

Baca Juga: 4+ Kelebihan Menggunakan Blu Bank Digital BCA yang Perlu Anda Ketahui

Asuransi Pendidikan

Banyak yang beranggapan jika tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan itu sama. Padahal yang sebenarnya apa yang mereka anggap dan pikirkan itu merupakan hal yang salah. Meskipun sekilas sama tetapi terdapat beberapa perbedaan yang cukup signifikan pula. Nyatanya juga asuransi pendidikan itu bisa Anda jadikan strategi menyimpan uang untuk pendidikan anak.

Asuransi pendidikan itu merupakan produk yang perusahaan asuransi tawarkan dengan adanya fitur tabungan dana pendidikan serta perlindungan. Meskipun sudah selesai dibayar, asuransi pendidikan tersebut baru bisa Anda cairkan pada tempo tertentu.

Bukan hanya itu saja, deposito juga menjadi Salah satu cara efektif. Apabila Anda mempunyai sejumlah uang maka depositokan saja uang tersebut. Strategi menyimpan uang untuk pendidikan anak dengan deposito juga efektif. Pilihlah produk deposito jangka panjang sesuai dengan masa di saat anak membutuhkan biaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.