Terinspirasi Dari Truk Brand Lokal Ini Punya Produk Unik

banner 120x600

Saat ini kepedulian masyarakat terhadap Budaya lokal di Indonesia cukup menurun, apalagi di era saat ini semakin banyak budaya luar masuk ke Indonesia sehingga mempengaruhi gaya hidup, mulai dari pakaian, makanan, dan sebagainya.

Hal tersebut membuat masyarakat harus bisa memilah dan memilih sesuatu hal yang dapat membantu melestarikan Budaya local Indonesia yang ada.

Salah satu Brand lokal Indonesia yang bisa membuat hal unik mengenai Budaya Indonesia saat ini yaitu Telusur Kultur. Lewat bidang fashion brand lokal ini berhasil membahas mengenai budaya yang ada di Indonesia, mulai dari sejarah, legenda di masa lalu, dan juga berhasil mengenalkan Budaya di dalam keseharian kita.

Hal yang menarik yang mereka lakukan salah satunya yaitu membuat lukisan dalam pakaian yang biasanya lukisan tersebut terdapat di belakang truk. Tulisan-tulisan yabg diambil yaitu tidak jauh dari keresahan yang dialami oleh supir truk itu sendiri. tulisan-tulisan tersebut kebanyakan membuat kita menjadi terinspirasi dan terhibur dalam menjalani hidup sehari-hari.

Bukan hanya motif lukisan yang ada di belakang truk saja yang menjadi inspirasi mereka dalam menuangkan ispirasinya dalam sebuah pakaian, namun mereka juga menuangkan ispirasinya dengan menggambar motif baju yang bernuansa makanan, minuman yang ada di Indonesia.

Baju yang bernuansa makanan dan minuman tersebut biasanya terlihat digunakan oleh Sandiaga Uno dalam beberapa kesempatannya. Bahkan beliau sering terlihat mengenakan baju jenis kemeja tersebut dengan ciri khas yang cukup unik yaitu “Rasa Nusantara”, sehingga tidak heran apabila banyak sekali pelanggan yang tertarik dengan motif-notif yang mereka buat, karena seringkali dinilai estetik sehingga bisa digunakan sebagai gaya OOTD (Outfit Of The Day) di media sosial.

Telusur Kultur melakukan hal yang berani dari pembisnis lainnya. Ketika pembisnis lainnya memilih bisnis dengan mengikuti trend yang ada saat ini, mereka malah melakukan melakukan hal yang berbeda, mereka percaya diri menawarkan sesuatu yang baru berupa pakaian sambal mengenalkan Budaya yang ada di Indonesia, bahkan mereka berhasil mengambil hati orang-orang kenamaan di Indonesia.

Salah satu Tim Telusur Kultur Rinaldi mengatakan ““Telusur Kultur menjadi platform untuk mengenal kembali akan sejarah dan kebudayaan Indonesia. Tak kenal maka tak sayang, bukan?” jelasnya.

Berawal dari kutipan Pramoedya Ananta Toer, Telusur Kultur berusaha untuk mengemas ciri khas Indonesia agar sesuai dengan perkembangan zaman. Sehingga dapat menarik minat anak muda. “Kalau orang tak tahu sejarah bangsanya sendiri, tanah airnya sendiri, gampang jadi orang asing di antara bangsa sendiri,” kutipan Pramoedya Ananta Toer yang jadi inspirasi.

“Dengan suka cita, Telusur Kultur membawa kembali nuansa khas Indonesia dalam bentuk baru,” lanjutnya.

Usaha Telusur Kultur dalam dalam mengenalkan Budaya Indonesia tak luput dari tujuannya yaitu untuk mendukung para pelaku UMKM yang ada di Indonesia, kususnya para pelaku usaha yang bergerak di bidang Fashion. Diharapkan Telusur Kultur dapat bekerja sama dengan merka sehingga dapat mencapai tujuannya untuk mengenalkan Budaya melalui fashion.

Pada perilisan produk terbarunya, Telusur Kultur melakukan hal yang tak biasa yaitu, Telusur Kultur bagi-bagi “Truk Oleng” karya pengrajin asal purbalingga. Hadiah tersebut nantinya akan di berikan kepada 100 pembeli pertama.

“Kita dapat menceritakan mereka dengan pendekatan yang baru, sehingga lebih relevan dan mudah diterima untuk masyarakat luas,” ungkapnya.

Tidak Hanya produk pakaian, Telusur mempunyai harapan nantinya terus menyuarakan nilai Budaya bahkan ytang ada di setiap Daerah yang ada di Indonesia lewat berbagai produk, seperti maknan, minuman, bahkan konten-konten berbasis edukasi.

Harapan Telusur Kultur yaitu menjadi Brand lokal yang mampu mengenalkan Budaya Indonesia tidak hanya di dalam negeri, Namun Juga harapannya hingga ke kancah Internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.