Tips Hemat Belanja Dapur, Stop Over Budget Mulai Sekarang!

Tips Hemat Belanja Dapur, Stop Over Budget Mulai Sekarang
cerdasbelanja.grid.id
banner 120x600

Tips hemat belanja dapur berkaitan erat dengan budget. Jangan sampai kantong budget untuk kebutuhan dapur kebobolan karena tidak paham tips hemat belanja.

Seiring kenaikan harga BBM yang melambung tinggi, harga kebutuhan pokok juga ikut meningkat. Menyikapi hal tersebut tentu tidak boleh sembarangan. Selain cermat, tentu dibutuhkan tips-tips pintar dalam mengelola keuangan keluarga.

Tips Hemat Belanja Dapur, Stop Over Budget Mulai Sekarang
cerdasbelanja.grid.id

Tips Hemat Belanja Dapur Supaya Tidak Over Budget

Mengelola keuangan tentu menguras tenaga dan pikiran. Setidaknya Anda harus berpikir keras supaya budget yang dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan harian tepat guna sehingga tidak mengalami over budget.

Salah satu tips hemat belanja dan mengelola keuangan yang tidak boleh diabaikan adalah mengatur keperluan dapur. Hal ini karena dapur adalah sarana memenuhi kebutuhan pangan seluruh anggota keluarga. Ada banyak cara supaya keuangan dapur tidak mobat mabit alias stabil. Apa sajakah itu?

Buat Daftar Menu Mingguan

Membuat daftar menu keluarga akan membantu Anda membeli bahan makanan seperlunya saja. Jadi, bahan makanan tidak terbuang percuma.

Selain itu, belanja dalam jumlah banyak juga akan menekan pengeluaran karena lebih murah. Misalkan harga sekilo telur lebih murah daripada 1/4 kg. Tetapi harus ingat bahwa seperlunya saja saat berbelanja stok bahan makanan untuk kebutuhan menu satu minggu.

Konsumsi Makanan Sehat

Sumber makanan sehat seperti sayur mayur dan buah akan membuat perut kenyang lebih lama. Sayur dan buah kaya akan serat. Hal ini membuat tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk menyerapnya.

Kedua bahan makanan tersebut juga mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Jika anggota keluarga sehat, maka Anda tidak perlu mengeluarkan dana untuk berobat. Ini juga menjadi salah satu manfaat penerapan tips hemat belanja dapur.

Memasak dengan Porsi Secukupnya

Hindari memasak dalam jumlah berlebihan. Untuk mengantisipasi hal ini, sebaiknya memasak dengan porsi secukupnya.

Atau Anda bisa mengakali hal tersebut dengan membuat olahan masakan lain. Misalkan ada sisa lauk seperti tempe goreng bisa Anda jadikan sebagai bahan campuran memasak tumis buncis. Jadi, Anda tidak perlu lagi memberi campuran pada masakan tumis buncis. Anda juga bisa menyimpan makanan sisa ke dalam kulkas supaya tidak cepat basi.

Manfaatkan Pekarangan

Menanam aneka sayur dan buah juga menjadi tips jitu menghemat belanja dapur. Anda bisa memanfaatkan pekarangan rumah.

Selain menghemat pengeluaran dapur, tips ini tentu membuat suasana rumah menjadi lebih asri dan sejuk. Bukan hanya sayur dan buah, Anda juga bisa menanam bumbu dapur seperti kencur, kunyit, sereh, jahe, dan sebagainya.

Disamping untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga, Anda juga bisa menjualnya jika hasil panen berlimpah.

Memelihara Ternak

Harga protein hewani relatif mahal. Namun, ini bukan menjadi alasan untuk sama sekali tidak mengkonsumsinya.

Sebagai opsi alternatif, peliharalah beberapa ekor ayam dan ikan air tawar seperti lele atau gurame. Anda bisa memanfaatkan telur serta dagingnya. Pastinya konsumsi hasil ternak sendiri jauh lebih sehat.

Mengolah Hidangan Keluarga yang Hemat LPG

Waktu memasak yang lama akan menjadikan pemakaian gas menjadi boros. Padahal harga LPG cukup mahal.

Sebaiknya, jangan sering-sering memasak makanan yang membutuhkan waktu lama seperti rendang. Ini untuk menghindari terjadinya pembengkakan anggaran.

Bagaimana, mudah bukan mempraktekkan tips hemat belanja dapur dalam ulasan tadi? Ingatlah jika menghemat belanja bukan berarti pelit. Kuncinya tetap perhatikan kebutuhan nutrisi harian orang-orang yang Anda sayangi.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *