Tips Menabung Harian yang Mudah dan Bisa Dilakukan oleh Siapapun

Tips Menabung Harian yang Mudah dan Bisa Dilakukan Oleh Siapapun
jenius.com
banner 120x600

Tips menabung harian tentunya menjadi pengetahuan penting bagi semua orang. Faktanya masih sedikit orang yang kesulitan untuk bisa menabung setiap hari. Mereka juga mengatakan terkadang uang yang seharusnya digunakan untuk menabung, Justru dialihfungsikan untuk kepentingan lain. Kenyataan yang demikian itu, sudah pasti menjadi salah satu faktor kegagalan dalam menabung.

Berbicara tentang menabung, sebenarnya terdapat banyak cara yang bisa kita gunakan. Salah satu caranya adalah menabung di rumah. Apakah pilihan tersebut akan efektif? Bukankah dengan menabung di rumah juga masih terdapat kemungkinan kita mengambil uang tersebut? Sebenarnya pertanyaan tersebut juga bisa dikatakan benar. Tapi terkadang dalam menabung kita perlu menyadarkan diri untuk kembali mengingat apa tujuan kita menabung. Apakah untuk investasi, dana pendidikan, atau untuk kebutuhan di masa mendatang.

Tak Bisa ditampik pula jika saat ini masyarakat Indonesia lebih memilih menabung di bank. Akan tetapi, tidak sedikit pula mereka yang memilih menabung di rumah. Beberapa orang beranggapan bahwa menabung di rumah itu akan menambahkan semangat.

Tips Menabung Harian Paling Efektif

Terlebih lagi jika mengingat ada banyak orang yang malu menabung ke bank karena nominalnya sedikit. Akhirnya orang tersebut malah gagal dalam menabung. Walaupun  itu terdengar sepele, akan tetapi menabung juga menjadi hal yang penting karena kita tidak akan tahu jika suatu hari terdapat kebutuhan yang mendesak. Bagi Anda yang ingin menabung harian tetapi masih kesulitan berikut ini terdapat beberapa tips yang bisa diamalkan untuk mempermudah anda menabung harian.

Baa Juga: Cara Deposito Bank BCA dan Membuka Rekening Deposito Bank BCA

Mulai dengan Nominal Kecil

Pertama tips menabung harian mulailah dengan nominal kecil. Hal tersebut juga dapat membangun komitmen serta niat menabung. Untuk menjadi langkah awal, tabungan pecahan uang kertas Rp 10.000 sampai Rp 20.000 saja. Anda juga bisa menyisihkan pecahan tersebut kapan saja.

Misalnya ketika mendapatkan kembalian uang belanja. Walaupun sedikit, jika tanda terus konsisten dan semangat. Tips ataupun cara ini juga akan membuat tabungan Anda menjadi lebih banyak. Misalnya dalam waktu 1 tahun Anda rutin menabung sebanyak Rp 20.000. Jangan heran Apabila ada nantinya akan mendapatkan uang Rp 7,3 juta.

Gunakan Wadah Bening

Kedua, tips menabung harian yang bisa Anda lakukan adalah pilihlah wadah yang bening. Dalam menabung ini, Anda juga bisa memanfaatkan barang-barang bekas yang bening. Penggunaan wadah tersebut memberikan kemungkinan Anda bisa melihat pundi uang yang sudah terkumpul. Dengan demikian itu, Anda bisa melihat dan lebih bersemangat lagi setiap harinya.

Supaya tetap konsisten, tak ada salahnya apabila Anda mencoba menempelkan label warna-warni pada wadah tersebut. Akan lebih baik lagi, jika tempelan tulisan tersebut berupa tujuan yang ingin dicapai dengan menggunakan uang tabungan. Agar lebih aman lagi, simpan wadah tersebut pada lokasi yang tidak mudah dijangkau orang lain.

Jangan Lupa Naikkan Nominalnya

Jika nantinya konsisten itu sudah terbentuk, jangan ragu untuk menambah jumlah nominal untuk menabung setiap harinya. Misalnya, semula Anda memulai menabung harian dengan nominal Rp 20.000. Karena sudah bisa konsisten maka tidak ada salahnya jika Anda menaikkan nominal tersebut menjadi Rp 30.000 ataupun Rp 35.000.

Dalam waktu 1 tahun pun jumlah tabungan juga akan berbeda hasilnya. Lebih tepatnya jumlahnya akan bertambah karena nominalnya sudah Anda naikkan. Tips menabung harian yang berikutnya adalah pindahkan ke bank. Menabung di rumah itu sebenarnya hanya menjadi langkah awal saja untuk menumbuhkan kebiasaan. Agar nantinya lebih aman saat uang sudah terkumpul, ada baiknya anda memindahkan uang tersebut ke bank. Tak hanya demi keamanan melainkan langkah tersebut juga lebih preventif supaya uang tidak terpakai untuk kebutuhan yang lain.

Baca Juga: 5+ Cara Membuat Mobile Banking BNI yang Sederhana dan Cepat

Metode Balik Tanggal

Terkadang menabung itu juga menjadi kesulitan tersendiri. Terlebih lagi ketika menjelang akhir bulan. Tidak sedikit orang merasa kekurangan uang guna memenuhi kebutuhan hariannya. Sehingga menyebabkan uang tabungan terpakai sampai waktu gajian tiba. Apakah hal tersebut bisa diatasi dengan baik agar nantinya kita tetap bisa menampung meskipun akhir bulan?

Menabunglah setiap hari dengan tanggal. Ya, Sesuai dengan namanya yakni balik tanggal, maka nilai tabungan di awal bulan sebesar tanggal terakhir bulan tersebut. Contohnya saja begini, Anda mulai menabung tepat pada tanggal 1 Januari. Maka nilai yang harus ditabungkan pada tanggal 1 Januari sebesar Rp 31.000. Kenapa begitu? Karena pada bulan Januari terhitung satu bulan itu terdapat 31 hari. Dengan menerapkan beberapa tips menabung harian tersebut, harapannya, selain bisa menjadi kebiasaan nantinya apabila ada dana untuk kepentingan mendadak kita tidak perlu hutang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.