Tips Menabung untuk Pelajar 100% Lebih Efektif Terapkan 7 Hal Ini

Tips Menabung untuk Pelajar 100% Lebih Efektif Terapkan 7 Hal Ini
appletreebsd.com
banner 120x600

Tips menabung untuk pelajar kini mulai diajarkan mulai dari usia TK hingga jenjang SMA, meski mereka belum memiliki sumber penghasilan sendiri. Sebisa mungkin mereka harus tetap belajar untuk menyisihkannya. Hal ini akan berguna sampai mereka dewasa kelak.

Menabung merupakan perbuatan terpuji. Baik menabung jangka panjang atau pendek, hal ini akan menguntungkan Anda di kemudian hari. Setidaknya Anda akan terbebas dari perilaku gaya hidup konsumtif.

Tips Menabung untuk Pelajar 100% Lebih Efektif Terapkan 7 Hal Ini
appletreebsd.com

7 Tips Menabung untuk Pelajar yang Mudah Diterapkan

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mulai menabung. Hal terpentingnya adalah bulatkan tekad dan kemauan untuk melakukannya. Jika masih bingung bagaimana cara memulainya, terapkan tips berikut ini.

Baca Juga: Cara Deposito Bank BCA dan Membuka Rekening Deposito Bank BCA

Sisihkan Terlebih Dahulu

Saat ini, tidak ada satu orang tua pun yang tidak memberikan uang saku pada buah hatinya sebagai uang jajan saat mereka di sekolah. Ada yang memilih memberikan uang saku harian, namun ada juga yang memberinya mingguan atau bulanan.

Tips menabung yang mudah adalah sebelum menggunakannya untuk kebutuhan apapun, sisihkan dulu beberapa rupiah untuk ditabung. Akan lebih baik jika Anda menabung sebagian dari uang saku tersebut. Uang sisa dari menabung itulah yang nantinya bebas Anda gunakan.

Tentukan Tujuan Menabung

Melakukan sesuatu tanpa niat dan tujuan tidak akan berbuah maksimal. Kemungkinan hanya setengah hati untuk menjalankannya.

Oleh karena itu, bulatkan niat dan tetapkan apa tujuan Anda menabung. Buatlah tujuan yang pasti, misal ingin membeli Android sendiri sebagai sarana penunjang sekolah.

Contoh tujuan menabung jangka panjang adalah persiapan biaya kuliah. Dengan demikian, Anda tidak akan mungkin menyelewengkan uang tabungan untuk hal lainnya.

Menabung Receh

Biasanya, uang dengan nominal kecil dianggap sebelah mata. Anak sering menyepelekannya. Padahal ini bisa Anda jadikan sebagai tips menabung harian yang efektif.

Mulailah menghargai keberadaan uang receh. Masukkan mereka ke dalam celengan sebagai tips menabung untuk pelajar yang mudah diterapkan.

Ingatlah kata pepatah sedikit sedikit lama kelamaan menjadi bukit. Meski hanya uang receh jika Anda mengumpulkannya secara rutin akan menjadi bertambah banyak nantinya.

Pergunakan Waktu Seefisien Mungkin

Mulailah mengurangi kegiatan yang tidak penting, seperti nongkrong. Setidaknya aturlah jadwal untuk berkumpul bersama teman, misalnya seminggu sekali.

Membatasi diri saat nongkrong adalah tips supaya terhindar dari hidup boros. Jadi, dapat refreshing bersama teman, lancar juga menabung yang Anda lakukan.

Buat & Susun Tabel Menabung Harian

Meski cara klasik, namun tidak ada salahnya mempraktekkan hal ini sebagai tips menabung untuk pelajar. Hal ini bisa membantu Anda untuk lebih disiplin menabung.

Cara ini terbilang cukup efektif karena Anda bisa mencatat progres tabungan secara tertulis. Misalkan pada minggu pertama Anda akan menyisakan Rp 3.000 per hari, maka pada minggu kedua bisa menambahnya menjadi Rp 5.000 per hari. Begitu seterusnya.

Namun, jangan tabung sepenuhnya karena Anda masih memerlukan uang untuk kebutuhan sekolah lainnya.

Bekal Makan dan Minum

Tips menabung cepat selanjutnya adalah membawa bekal makan dan minum dari rumah saja. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengeluarkan uang saku untuk jajan. Jadi, uang tersebut bisa Anda masukkan ke dalam celengan.

Baca Juga: Ini Syarat Deposito Emas di Bank Mandiri Syariah yang Mudah

Bermain dengan Teman yang Gemar Menabung

Teman sudah tentu sosok yang paling berpengaruh dalam kehidupan Anda. Setidaknya, cari dan temukan teman yang sama-sama gemar menabung. Mereka akan membuat Anda lebih gigih menabung.

Bayangkan jika Anda bergaul dengan teman yang suka beli ini dan itu. Pasti kepincut juga nantinya.

Bagaimana, tips menabung untuk pelajar yang telah diulas tadi mudah bukan? Ingatlah bahwa menabung akan mendatangkan banyak manfaat di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *