Yuk Mulai Asuransi Jiwa Sekarang

Terkadang, hidup dapat memberikan kita kejutan tak terduga. Karena itu, asuransi jiwa menjadi sebuah pilihan bijak untuk memastikan keluarga kita terlindungi jika suatu hal buruk terjadi pada diri kita.

Namun, sebelum memutuskan untuk membeli asuransi jiwa, penting untuk memahami betul jenis asuransi yang tersedia dan manfaat yang ditawarkan. Perlu diingat bahwa asuransi jiwa bukanlah sebuah investasi untuk mencari keuntungan finansial, melainkan sebuah perlindungan finansial.

Cara Memilih Asuransi Jiwa

Ada beberapa cara memilih asuransi jiwa yang tepat bagi pemula, antara lain123:

  • Evaluasi keadaan finansialmu dan tentukan goal asuransi jiwa yang ingin dicapai
  • Riset dan bandingkan beberapa tipe asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhanmu
  • Pilih perusahaan asuransi yang terpercaya dan memiliki CSR (Claim Settlement Ratio) di atas 95%
  • Pahami kebijakan premi dan bunga yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi
  • Persiapkan diri untuk wawancara ketika daftar dan jawab dengan jujur semua pertanyaan
  • Fokus pada proteksi bukan investasi dan pisahkan antara keduanya dalam produk asuransi jiwa

Tipe Asuransi Jiwa

Ada beberapa tipe asuransi jiwa yang ada di Indonesia, antara lain:

  • berjangka atau term life: asuransi yang memberikan perlindungan selama periode tertentu (misalnya 5, 10, atau 20 tahun) dengan premi tetap dan terhitung murah. Jika ingin memperpanjang masa kontrak, premi akan naik.
  • seumur hidup atau whole life: asuransi yang memberikan perlindungan seumur hidup kepada nasabah dengan premi lebih tinggi daripada asuransi berjangka. Biasanya menyediakan pertanggungan hingga pemegang polis berumur 90 sampai 100 tahun.
  • dwiguna atau endowment insurance: asuransi yang memberikan perlindungan selama periode tertentu dan juga menawarkan manfaat investasi. Jika pemegang polis masih hidup sampai akhir masa kontrak, ia akan mendapatkan nilai tunai dari polisnya. Premi untuk jenis asuransi ini biasanya lebih tinggi daripada jenis lainnya.
  • unit link: asuransi yang menggabungkan antara proteksi dan investasi dalam satu produk. Premi yang dibayarkan oleh nasabah akan dialokasikan ke dua tempat, yaitu biaya proteksi dan dana investasi. Dana investasi dapat dipilih oleh nasabah sesuai dengan profil risiko dan tujuan finansialnya.

Sebagai warga negara Indonesia, kita memiliki hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dan terjangkau. Salah satu cara untuk mendapatkan akses kesehatan yang terjangkau adalah dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Baca Juga: Kamu Bingung Mau Asuransi Kendaraan?

Sebagai peserta BPJS Kesehatan, kita juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga. Lakukan tindakan pencegahan seperti menjaga pola makan sehat, rutin berolahraga, dan menghindari perilaku yang berisiko tinggi.

Cara Mendaftar BPJS

Cara mendaftar asuransi BPJS Kesehatan bisa dilakukan secara offline maupun online1. Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu Anda lakukan:

Secara offline: Anda perlu menyiapkan fotokopi Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), buku tabungan bank yang melayani autodebit (BNI, BRI, Bank Mandiri, atau BCA), dan formulir surat kuasa autodebit dengan materai Rp6.00021. Kemudian Anda bisa mendatangi kantor cabang BPJS Kesehatan atau Kantor Kabupaten/Kota terdekat untuk mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkan berkas-berkas tersebut.

Secara online: Anda bisa mengunjungi situs https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/ atau aplikasi JKN Mobile untuk mendaftar secara online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *